Pebalap asal Ukraina bernama Oleksandi Polivoda dari Ningxia Sport Lottery Team berhasil sebagai juara etape 2 TdS 2018, enin (5/11/2018). (Ist)


Olahraga

Pebalap Ukraina Juarai Rute Terpanjang TdS 2018

DHARMASRAYA (SumbarFokus)

Sebanyak 103 pebalap dari 14 negara yang tergabung di 21 tim melintasi rute terpanjang pada Tour de Singkarak (TdS) ke-X tahun 2018. Pada etape ke-2 ini pebalap berpacu untuk menyelesaikan 204,1 kilometer, Senin (5/11/2018).

Pebalap asal Ukraina Oleksandi Polivoda dari Ningxia Sport Lottery Team berhasil sebagai juara pertama, dengan catatan waktu 5:07:30 detik. Atas keberhasilannya Oleksandi berhak mengenakan jersey yellow sekaligus juga green jersey sebagai raja sprint.

Persaingan mencapai garis finish etape 2 sangat ketat, sebab juara kedua yang diraih Robert Muller dari Nex-CNN (Laos) hanya berbeda waktu sekitar tiga detik. Begitu juga juara ketiga yang diraih Ariya Phounsavath Thailand Continental Cyling Team (Thailand) hanya beda sepersekian detik.


Sebaliknya, pebalap terbaik Indonesia (Best Indonesian Rider) pada etape 2 ini dinobatkan kepada Muhammad Abdurrohman dari KFC Team dengan catatan waktu 08:13:35 detik.

Etape 2 ini star dimulai dari kawasan Taman Segitiga Kota Sawahlunto pukul 09.00 WIB dengan finish di Kantor Bupati Dharmasraya. Etape yang dipimpin pebalap asal Indonesia Jamalidin Novardianto dengan rompi kuning, diawali dengan city tour sebanyak satu putaran.

Kemudian pebalap melewati Taman Segitiga, Pasar Sawahlunto, berputar ke arah Museum Tambang Batu Bara Ombilin, dan berpacu untuk memperebutkan gelar Raja Sprint dan Raja Tanjakan dengan melewati objek wisata Kota Tua, hingga menuju garis finish di Kabupaten Dharmasraya.

Pada etape 2 ini juga terdapat tiga titik sprint, yakni dimulai di kawasan Palangki di Dharmasraya, dan di kawasan Pasar Nagari Ampalu. Sementara itu juga terdapat dua titik King Of Mountain (KOM) yang masing-masing berada di Kawasan Tanjung Gadang dan Tanjung Lolo.

Dengan hasil akhir etape 2 ini, Oleksandi berhasil merebut rompi hijau dari Novardianto Jamalidin, dan dinobatkan sebagai Raja Sprint dengan 22 poin. Sedangkan rompi polkadot sebagai Raja Tanjakan masih dipegang Resvani Gerkolay M dari Omidia Masshad Team (Iran) dengan perolehan 17 poin.

Masing-masing juara etape 2 ini diganjar uang tunai Rp22 juta untuk juara pertama, juara kedua Rp16 juta, dan juara ketiga Rp12 juta. Kemudian, seluruh pebalap akan berpacu pada etape 3 dari Kabupaten Solok menuju Istana Pagaruyung Tanah Datar. (005)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020