Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok Asnur, saat melakukan pengawasan terhadap aktivitas pelaku usaha di pabrik roti PT Nagari Minang Jelita, Jumat (10/6/22). (Foto: Ist.)


Ekonomi

Pastikan Patuh Aturan, DLH Kabupaten Solok Awasi Aktivitas Pelaku Usaha

SOLOK (SumbarFokus)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Solok melakukan pengawasan terhadap aktivitas pelaku usaha di wilayah Kabupaten Solok, salah satunya pabrik roti PT Nagari Minang Jelita, Jumat (10/6/22).

Kegiatan itu bertujuan untuk memantau, mengevaluasi, dan menetapkan status ketaatan kegiatan usaha terhadap persyaratan dan kewajiban izin lingkungan dan peraturan di bidang lingkungan hidup, serta mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Solok Asnur mengatakan, setiap industri atau pelaku usaha harus mengantongi izin lingkungan. 


Menurutnya, Pemkab Solok telah memberi kemudahan dalam mengurus perizinan.

“Pengawasan ini merupakan amanat dari UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pada pasal 71 ayat 1 dijelaskan, menteri, gubernur, walikota/bupati dengan kewenangan wajib melakukan ketaatan penanggungjawab usaha dan atau kegiatan usaha,” terang Asnur.

Ia menegaskan, aspek lingkungan harus diperhatikan agar sesuai dengan ketentuan aturan perundang-undangan.

“Pengawasan ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi serta fakta ketaatan pelaku usaha seperti yang tertuang dalam dokumen lingkungan hidup, yakni pengendalian terhadap pencemaran air, udara, dan limbah B3, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” papar Asnur.

Setelah pelaksanaan pengawasan, tim DLH kemudian menyusun berita acara pengawasan berdasarkan fakta dan temuan yang ada. Jika ada temuan, maka pelaku usaha akan diberi sanksi lisan maupun tertulis.

Asnur menjelaskan, pengawasan yang dilakukan lebih mengedepankan pembinaan agar pelaku usaha memenuhi persyaratan dan kewajiban izin lingkungan. Namun demikian, tidak menepis sanksi yang berlanjut pada pembekuan dan pencabutan izin lingkungan.


Ikut hadir pada kesmepatan itu, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Penataan Lingkungan Desri Antoni beserta jajaran fungsional terkait, Susri Dalweni, Susilawati, dan Edo Handika. (012)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      kabupaten-solok