PaPanyo Keju, produk keju dari Padang Panjang.


Ekonomi

PaPanyo Keju, Keju Padang Panjang Ingin Kuasai Pasar

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Target produksi 100 kilogram keju tiap bulan ingin dicapai Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang, Sumatera Barat. Usaha pengolahan susu di daerah tersebut diharapkan mampu menuntaskan target ini.


"100 kilogram keju setara dengan 1.200 liter susu murni murni," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Wahid di Padang Panjang, baru-baru ini.

Target produksi tersebut masih target sementara karena baru berproduksi dan pihaknya masih mencoba mengenalkan atau memperluas pasar produk keju yang diberi merek PaPanyo Keju.

"PaPanyo Keju diluncurkan Sabtu (7/7). Seiring berjalan waktu jika semakin dikenal dan permintaan makin meningkat tentu target produksi akan ditambah," ujarnya.

Ada dua jenis keju diproduksi bermerek PaPanyo Keju ini, yaitu mozarella dan gouda. Para pelaku usaha pengolahan susu sudah memperoleh pelatihan pembuatan produk itu dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian pertengahan April 2018.

“Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas dan semangat usaha pengolah susu dan di sisi lain usaha peternakan sapi perah jadi lebih produktif,” ungkap Wahid.

Dikatakan, produksi susu rata-rata setiap hari di Padang Panjang mencapai 1.400 sampai 1.800 liter. Di momen tertetu seperti bulan puasa, susu yang tidak terpasarkan bisa mencapai 50 persen. Produk keju diharapkan bisa mengalihkan kuantitas susu yang tidak terpasarkan yang disebabkan momen-momen tertentu ini. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018