View yang disajikan oleh Palanta Abo, ada spot berswafoto di pinggiran Danau Maninjau. (Foto: Anizur)


Feature

Palanta Abo, Warung Kopi Bertaraf Internasional yang Mempersembahkan Keindahan Danau Maninjau

Oleh ANIZUR

 

MANINJAU (SumbarFokus)

Palanta Abo hadir di pinggiran Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Mengkondisikan diri sebagai warung kopi tampilan kafe kelas internasional, Palanta Abo menjanjikan pengalaman berwisata kuliner yang sangat berkesan karena lokasinya yang terletak di pinggir Danau Maninjau, tentunya dengan view yang begitu indah.


Kehadiran Palanta Abo ini, seperti cita-cita sang pemilik, Popi Mailani Rajo Bintang, dimaksudkan untuk mengembalikan keaslian kuliner dulu yang mulai susah dinikmati dan mengembalikan kejayaan wisata danau dengan keindahan danau dan keasrian alam.

Dalam kesempatan soft launching Palanta Abo di Agam, Senin (9/3/2020), Popi menceritakan bahwa dirinya ingin bisa berpartisipasi dalam membangkitkan kembali kekuatan pariwisata Danau Maninjau.

"Kafe ini memiliki konsep lokal dan mengedepankan makanan ringan lokal termasuk kopi dan teh yang khas dan unik. Pengunjunga bisa menikmati pemandangan langsung ke danau Maninjau", sebutnya.

Palanta Abo, disebut Popi, dengan bangga menggunakan konsep tahun 1970-an dalam performanya. Menyajikan makanan dan minuman khas Kabupaten Agam yang diproduksi oleh UMKM binaan Pemkab, Palanta Abo juga menyajikan minuman teh dan kopi dengan bahan berkualitas premium dan penyajian sangat unik.

Seperti yang dicobakan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Agam Syatria, yang turut hadir dalam soft launching tersebut, kopi dicicipi dengan terlebih dahulu membuatnya secara mandiri menggunakan medium pasir yang unik.

“Mencoba kopi ibrik, belum tentu semua orang pernah melakukan. Kopi ibrik di sini menggunakan kopi data, berasal dari Palembayan Tanjungraya. Prosesnya menggunakan medium pasir. Yang seperti ini tidak bisa ditemui di sembarang tempat, biasanya hanya ada di warung kopi Timur Tengah. Bagi Anda yang ingin merasakan pengalamannya, bisa datang ke Palanta Abo, di kawasan Hotel Maninjau Indah,” ujar Kadis Syatria mempromosikan.

Kita Peduli!

Keunikan yang ditawarkan, kemudian dipadukan dengan keindahan alam dan suasana yang relatif menentramkan. Ada spot swafoto dengan tulisan LAKE MANINJAU di pinggir danau juga. Kemudian ada vertical garden dengan lukisan danau serta relif kisah rakyat Bujang Sambilan.

Sang pemilik, Popi, merasa bangga telah memperkenalkan salah satu destinasi wisata kuliner ini ke tengah masyarakat.

“Saya berharap bisa berperan dalam mengakhiri masa kelam pariwisata Danau Maninjau selama 20 tahun belakangan,” sebut Popi.

Disebutkan juga, pihaknya tengah merancang objek wisata kuliner restoran terapung, seperti yang dulu pernah diinisiatifkan oleh Idham Rajo Bintang rahimahullah.

"Insyaallah juga akan dibangun landing paralayang satu-satunya di Indonesia yang di atas air, bekerjasama dengan Pemkab Agam," ungkap Popi lagi.

Beralamat di Kompleks Hotel Maninjau Indah jalan Telaga Biru no. 1, Jorong Pasa Maninjau, Kanagarian Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Palanta Abo mulai buka dari 10.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan aneka promo sajian.

Popi mengimbau masyarakat agar tak perlu khawatir membawa banyak orang rekan dan sahabat untuk datang ke Palanta Abo, karena tempat tersebut mampu mengakomodasi hingga 100 orang pengunjung.

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam