Paket ganja ditemukan dalam bungkusan rapi dan mengapung di laut, Senin (20/5/2019). (Foto: Hendrianto L Raja)


Peristiwa

Paket Ganja Tak Bertuan Ditemukan di Pelabuhan Tuapeijat

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Paket ganja kering dua kilogram ditemukan di Pelabuhan Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Tim gabungan Operasi Bina Kusuma Singgalang (BKS) menemukan bungkusan paket rapi mengapung tersebut di areal tempat bersandarnya kapal KMP Ambu-ambu sekira pukul 05.30 WIB.

“Saat itu kapal baru berlabuh. Ketika dilakukan pengecekan pada paket yang terbungkus rapi itu, ternyata isinya ganja kering seberat dua kilogram,” terang Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Hendri Yahya melalui Kabag Ops Kompol Maman Rosadi, Senin (20.5.2019).

Diperkirakan, pelaku pembawa barang haram tersebut merasa ketakutan dan bingung saat mengetahui adanya razia dilakukan kepolisian sehingga paket ganja yang dia bawa dibuang begitu saja ke laut.


Disebutkan Maman Rosadi, temuan paket ini segera ditindaklanjuti. Polres Kepulauan Mentawai akan bekerjasama dengan awak kapal Ambu-ambu untuk memastikan siapa yang membuang paket tersebut melalui penelusuran CCTV.

“Mudaha mudahan diketahui wajah pelaku yang membuang barang tersebut. Dari bukti CCTV bisa Kita melakukan pengecekan lebih dalam lagi,” ungkapnya Maman.

Disebutkan, temuan paket ini tak lepas dari aktivitas operasi gabungan yang dilakukan oleh Polres Kepulauan Mentawai. Operasi gabungan, dijelaskan, merupakan upaya untuk mengantisipasi tindak kejahatan. Dalam hal ini, pengedaran ganja berhasil diantisipasi, walaupun tersangka belum ditemukan.

“Minimal, barang haram tersebut tidak menyebar kepada masyarakat yang akan merusak para generasi muda” sebut Maman Rosadi.

Paket ganja yang sudah diamankan itu untuk sementara di jadikan barang penemuan dan nantinya akan di lakukan pemusnahaan barang bukti serta digabung dengan barang-barang bukti lainnya.

Terkait kegiatan operasi gabungan sendiri, dikemukakan, akan dilakukan secara rutin.

“Saat sekarang, sasaran utama operasi gabungan adalah untuk memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan yang turun dari kapal, peredaran Narkoba, tindakan premanisme, dan penyakit masyarakat,” ujar Maman Rosadi. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018