Jajaran Manajemen Kantor UPBJJ-UT Padang siap memberikan pelayanan bagi calon mahasiswa/mahasiswa UT Padang. (Foto: Yeyen)


Pendidikan

OSMB Universitas Terbuka, dari Padang hingga Kepulauan Mentawai Mempermudah Mahasiswa

PADANG (SumbarFokus)

Mempermudah para mahasiswa barunya, Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Padang melaksanakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Ketrampilan Belajar Jarak Jaruh (PKBJJ) periode 2019. OSMB dan PKBJJ dilakukan langsung di daerah-daerah di Sumatera Barat (Sumbar), demi meringankan para mahasiswa baru, sehingga mereka tidak perlu datang ke Padang untuk mengikuti OSMB dan PKBJJ.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Registrasi dan Ujian UPBJJ-UT Padang Dasrul, Rabu (4/9/2019), pada SumbarFokus di ruang kerjanya. Didampingi Kepala Sosialisasi Promosi (Sosprom) Omi Rosmiati, Dasrul menjelaskan bahwa dengan menggelar OSMB dan PKBJJ langsung di daerah diharapkan bisa meringankan beban para mahasiswa. Misalnya saja bagi mereka yang berada di Kepulauan Mentawai, transportasi tentu menjadi salah satu kendala dalam menjalankan program pendidikan mereka.

“Setelah mengikuti OSMB dan PKBJJ ini, nantinya diharapkan para mahasiswa memahami bagaimana program pembelajaran yang harus mereka jalani di UT. Di UT sendiri sangat fleksibel untuk pilihan perkuliahan bagi mahasiswanya. Mereka bisa pilih kuliah secara online, langsung, atau juga mau sesuaikan kesanggupan di satu semester, semuanya bisa. Di UT sangat fleksibel, selain biayanya yang relatif terjangkau” tutur Dasrul.


Sementara, disampaikan oleh Omi, OSMB dan PKBJJ 2019 telah digelar pada 31 Agustus (Kota Padang) dan 1 September kemarin (Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Pariaman, dan Padang Pariaman).

Diuraikan, masih akan ada beberapa jadwal OSMB dan PKBJJ se-Sumbar, yaitu 7-8 September ini (Tilatang Kamang, Bukittinggi, Pasaman, Tanah Datar, Padang Panjang, Bawan, Agam, dan Pasaman Barat), 14-15 September (Pesisir Selatan, Solok Selatan, Dharmasraya, Sijunjung, dan Sawahlunto), dan 28-29 September (Kepulauan Mentawai).

“Kami berusaha untuk meringankan beban mahasiswa. OSMB dan PKBJJ langsung ke daerah mahasiswa ini juga merupakan wujud upaya UT untuk memudahkan para mahasiswa untuk bisa mengawali perkuliahan mereka di UT,” ujar Omi.

Disebutkan, UT menyediakan berbagai kemudahan untuk kelancaran dan kemudahan perkuliahan bagi mahasiswanya. Kendala-kendala yang dihadapi dalam perkuliahan bisa di-share ke pihak kampus untuk dicarikan jalan keluarnya.

“Asalnya sesuai dengan aturan yang berlaku, Kami akan membantu para mahasiswa untuk mencapai target perkuliahan yang mereka inginkan. Bersama UT, mereka bisa meraih cita-cita atau target yang mereka buat,” pungkas Omi. (003)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018