Jembatan Sungai Paku dalam perbaikan pasca-oprit jembatan itu ambruk. (Foto: Jhon Afrizon)


Bencana

Oprit Jembatan Sungai Paku Pasaman Barat Ambruk, Pengendara Diimbau Berhati-hati

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Oprit atau tanah timbunan Jembatan Sungai Paku di Jalan Lintas Simpang Empat-Manggopoh, tepatnya di Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, ambruk Jumat sore (27/9/2019).

Berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat setempat, oprit jembatan Sungai Paku itu ambruk diduga akibat hantaman air sungai Batang Paku yang meluap karena tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir.

"Kami sempat kaget karena oprit jembatan itu ambruk tiba-tiba. Tidak ada korban dalam kejadian ini karena saat oprit jembatan itu ambruk tidak ada kendaraan yang melintas," terang salah seorang warga Budi.


Sementara, pihak PPK 1.4 Satker BPJN Wilayah I Sumbar bersama pihak konsultan dan pengawas telah melakukan tindakan dengan memasang plat baja di titik oprit yang ambruk.

"Kita telah memasang plat baja tebal 2 cm ukuran 1,2 cm x 2,4 cm di atas jalan yang berlubang. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan penimbunan," ungkap Efriwandi dari PPK 1.4 Satker BPJN Wilayah I Sumbar.

Pihaknya juga telah menyurati rekanan PT Hariyona selaku kontraktor pengerjaan jalan tersebut untuk memperbaiki jembatan itu. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan.

"Sebelum amblas sudah muncul tanda-tanda yaitu ada lubang di jembatan itu. Karena tidak diproteksi akhirnya lubang semakin besar dan aspal jadi amblas," ucap Efriwandi.

Dia mengimbau kepada oengendara supaya berhati-hati dan untuk arus lalulintas di Jembatan Sungai Paku masih dapat dilewati meski kendaraan harus bergiliran. (012)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *