Suasana operasi yustisi di Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Selasa (21/10/2020). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Operasi Yustisi Digelar di Pusat Keramaian di Agam

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Bertempat di pusat keramaian Kecamatan Tanjungraya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (21/10/2020), digelar operasi yustisi perdana Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Disampaikan oleh Sekretaris Daerah Agam Martias Wanto di Lubuk Basung, mengatakan bahwa tim pelaksana operasi yistisi berasal dari Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, GTP2 COVID-19 dan lainnya.

"Kita menurunkan dua tim di Kecamatan Tanjungraya dan sebelumnya tim melakukan apel di halaman kantor bupati," sebutnya.

Dijelaskan, tim turun ke lapangan untuk penegakan Perda AKB. Sesuai tahapan tim sudah selesai melaksanakan sosialisasi dan sekarang dilakukan penindakan bagi yang kedapatan melanggar.


Mengenai Perda ini, Pemkab Agam sudah dibahas dan secara umum masyarakat telah mengetahui melalui sosialisasi yang dilaksanakan, baik ketentuan yang diatur maupun sanksi yang diberikan apabila ditemukan melanggar.

Peringatan lisan dan tertulis sudah dilaksanakan saat melakukan sosialisasi, tinggal memberlakukan sanksi administrasi apakah sanksi sosial atau denda, tergantung bagi pelanggar nantinya.

“Perda ini tidak tebang pilih, tapi berlaku terhadap masyarakat maupun pemerintah dan lainnya, ada perorangan dan juga penanggung jawab kegiatan atau usaha,” tambah Martias Wanto.

Ia menambahkan, apabila sanksi administrasi telah dijatuhkan dan orang yang sama masih melakukan pelanggaran protokol kesehatan terutama tidak memakai masker, maka dilanjutkan pemberian sanksi denda selanjutnya atau kurungan.

Dari operasi itu, tim menemukan warga yang tidak memakai masker dan tim mengingatkan mereka. Operasi tersebut akan dilanjutkan ke kecamatan lain pada hari berikutnya. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agamsumbar