Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kiri) tengah berbincang dengan Kepala Oombudsman Sumbar Yefri Heriani (kanan). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Ombudsman Sumbar: Terimakasih Gubernur Irwan Prayitno

PADANG (SumbarFokus)

Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Barat (Sumbar) Yefri Heriani mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno atas kerja-kerja pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik yang telah dilakukan, khususnya selama menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat. Yefri menyampaikan ini saat Gubernur datang berkunjung ke Kantor Ombudsman RI Sumbar, Selasa (9/2/2021).

“Pertemuan ini tidak terkait dengan kasus ataupun laporan masyarakat. Kami sengaja mengundang Pak Gubernur, bahkan hanya melalui percakapan WA saja, alhamdulillah Pak Gubernur berkenan,” ujar Yefri.

Dikatakan, pihaknya merasa perlu mengucapkan terimakasih atas kerja-kerja pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik yang telah dilakukan, khususnya selama menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat.


“Dalam hitungan hari, masa jabatan Pak Irwan, yang menjabat dua periode atau 10 tahun akan berakhir. Kami merasa perlu untuk mengundang Pak Irwan ke sini. Jadi, suasananya memang agak emosional,” tambah Yefri.

Menurutnya, sepuluh tahun bukan masa yang singkat. Dalam sepuluh tahun itu, secara khusus delapan tahun bekerja sama dan bermitra dengan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, karena pertama kali, Perwakilan Ombudsman sumbar baru hadir tahun 2012.

Meninjau ulang, pada tahun 2015, Ombudsman pernah memberikan rapor kuning predikat kepatuhan pelayanan publik, namun dalam waktu yang singkat Pak Gubernur berhasil memperbaiki, tahun 2016, Provinsi Sumatera Barat berhasil mendapat predikat hijau/kepatuhan tinggi.

Di masa Irwan Prayitno Gubernur, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga berhasil melahirkan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

“Iitulah adalah capaikan yang baik. Berbagai inovasi pelayanan pun telah dilakukan,” imbuh Yefri.

Dikatakna, dalam hal penyelesaian laporan, bukan tak ada dinamika, berbagai diskusi dan perdebatan bahkan terkadang harus dilakukan, tapi akhirnya bisa diselesaikan. Sepanjang itu, dikatakan Yefri, pihaknya berkesimpulan bahwa  selama ini kami Ombudsman telah didengar oleh Gubernur Sumatera Barat.

Kita Peduli!

“Ini sangat penting, karena pada sisi lain Ombudsman juga semakin dipercaya publik dengan terus meningkatnya laporan masyarakat ke Ombudsman. Kami berharap kerja-kerja serupa, dapat dilanjutkan oleh siapapun yang menjabat sebagai Gubernur selanjutnya,” harap Yefri.  

Dalam kesempatan itu, Irwan Prayitno juga mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman.

“Ini adalah kunjungan hari-hari hari terkahir saya menjabat sebagai Gubernur, Sabtu depan saya tak Gubernur lagi,” sebutnya.

Ditambahkan, selama sepuluh tahun ia menjabat, ada 21 ribu ASN di Pemprov yang bekerja sehari-hari, itu belum termasuk honorer.

“Tentu saja, dengan perangai dan perilaku yang beragam pula. Saya jelas, tak mungkin bisa mengawasi semuanya, Ombudsman lah yang telah membantu mengawasi, karena itu saya perlu mengucapkan terimakasih,” tuturnya.

Saran-saran dan penanganan laporan masyarakat yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Provinsi, dikatakan Irwan, telah membantu pihaknya untuk bekerja lebih baik dan hati-hati.   (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar