Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Nelayan Sasak Ranah Pasisia Dilatih Pengembangan dan Diversifikasi Usaha

PASAMAN BARAT(SumbarFokus)

Sebanyak 100 orang nelayan di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), diberikan pelatihan terkait ilmu pengembangan dan diversifikasi usaha. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diharapkan bisa meningkatkan kehidupan ekonomi kreatif para nelayan, baru-baru ini.

Kegiatan berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis (20-21/11/2019), dibuka oleh Asisten Bidang Pembangunan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Irwan, mewakili Bupati. 

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Irwan, disampaikan bahwa kegiatan tersebut harus diikuti oleh nelayan dengan sungguh-sungguh.


"Karena banyak manfaat yang akan diperoleh oleh nelayan. Seperti adanya fasilitas kredit nelayan, jaminan perlindungan nelayan, penumbuhan jiwa kewirausahaan dan keterampilan nelayan, terbukanya akses pasar dan adanya mata pencarian alternatif bagi nelayan dan keluarga nelayan terutama para wanita nelayan," ujar Irwan.

Disebutkan, dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan Bimtek pengembangan serta diversifikasi usaha, gerai pendanaan nelayan dan perbankan, gerai asuransi nelayan dari Jasindo, gerai perizinan kapal daerah, dan layanan penyuluhan bazar dari UMKM. 

Sementara, Camat Sasak Ranah Pasisie Nur Fauziah Zein mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 100 orang nelayan dengan rincian 50 nelayan laki-laki dan 50 nelayan wanita.

"Kita berharap istri dari nelayan ini juga punya usaha, sehingga ketika tidak melaut punya penghasilan yang lain," ujar Camat yang beberapa waktu yang lalu mengikuti kompetisi Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat itu. (012)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      pasaman-barat