Material lumpur menggenangi Masjid Istighfar Galapung Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Minggu (9/6/2019). (Foto:Anizur)


Bencana

Nagari Tanjung Sani Agam Dilanda Banjir Bandang

AGAM ( SumbarFokus)

Hujan lebat yang mengguyur kawasan Danau Maninjau kembali memicu banjir bandang di Jorong Galapung Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (9/6/2019) sekira pukul 14.05 WIB.

Camat Tanjung Raya Handria Azmi mengungkapkan, musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan tidak mempengaruruhi akses jalan. 

Disampaikannya, luapan air membawa material lumpur yang menimbun halaman, teras, dan sebagian lantai masjid Istighfar Galapung serta sebagian jalan setinggi 10 – 20 cm sudah dibersihkan dengan gotong royong dan menggunakan mobil Damkar Agam.


"Tim Gabungan dari BPBD Agam, Satpol PP Agam dan Damkar, aparat nagari dan kecamatan bersama masyarakat berhasil melakukan pembersihan area," sebut Handria. 

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengimbau warga setempat untuk waspada, mengingat dampak curah hujan yang berpotensi memicu banjir.

Sementara, Kabid KL BPBD Agam Wahyu Bestari juga menyebutkan, banjir bandang ini merupakan kasus ke-dua di wilayah itu, usai hujan lebat yang melanda wilayah tersebut sejak Minggu (9/6/2019) siang. 

"Banjir bandang ini akibat tidak tertampungnya debit air pada bandar sehingga air meluap," sebutnya. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *