Camat Lubuk Basung Harmezi, mewakili Bupati Agam, membuka Musabaqah Tilawatil Al-Qur’an (MTQ) Nasional ke-IV tingkat Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, di halaman Kantor Wali Nagari Lubuk Basung, Minggu (4/8/2019). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Nagari Lubuk Basung Gelar MTQ

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Berbicara tentang melahirkan generasi qur’ani, sejatinya sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab bagi umat muslim. Ini bukan hal yang baru, tapi sudah ada jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia. Hal itu disebut Camat Lubuk Basung Harmezi, saat mewakili Bupati Agam membuka Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) Nasional ke-IV tingkat Nagari Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), di halaman Kantor Wali Nagari Lubuk Basung, Minggu (4/8/2019).

Kegiatan yang bertemakan Dengan MTQ, kita lahirkan generasi yang Qur’ani, untuk mencapai Nagari Madani  ini diikuti sebanyak 81 kafilah dan dihadiri Kepala TU Kemenag Agam Kamiri, Kepala KUA Lubuk Basung Asrul, Wali Nagari Lubuk Basung Darma Ira Putra, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Disebutkan Harmezi lagi dalam sambutannya bahwa  generasi yang qurani mampu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Namun itubukan hal yang sulit, tapi juga tidak suatu yang mudah untuk dilakukan..


“Semua tergantung kepada niat dan kemauan hati untuk melaksanakannya. Apabila niat dan kemauan tidak kuat, maka generasi yang Qur’ani mustahil bisa terwujud. Namun tetap berupaya bagaimana menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup di dunia,”sebutnya.

Harmezi berharap, melalui MTQ upaya untuk melahirkan generasi Qur’ani dan mencapai Nagari Madani dapat terwujud. Sehingga terciptanya nagari yang baldatun taibatun warabun gafur,.

Lebih lanjut camat menyebutkan, setelah pelaksanaan MTQ Nagari, untuk tingkat kecamatan akan digelar sekitar Februari 2020 dan tingkat kabupaten Maret 2020. “Mudah-mudahan kafilah Lubuk Basung mampu mengambil bagian mengikuti MTQ ke tingkat lebih tinggi,” ulasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra menjelaskan, kafilah merupakan utusan setiap jorong yang ada di nagari itu, dengan mengikuti tiga cabang lomba yaitu, tilawah, hafidz dan adzan.

“MTQ sebagai upaya bagi kita di nagari untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan amalan isi kandungan Alquran, serta ajang seleksi untuk MTQ kecamatan,” sebutnya.

Pemerintah Nagari Lubuk Basung, dikatakannya, sangat komit menggelar kegiatan keagamaan, yang menjadi salah satu cikal bakal untuk mewujudkan Nagari Madani.

Wali Nagari juga mengatakan, MTQ selain ajang lomba juga dapat menjadi motivasi bagi generasi untuk belajar tulis baca Al-Qur’an. Sehingga menjadi generasi yang lebih baik kedepannya.

Pada kesempatan itu, Wali Nagari melantik 18 dewan hakim dan panitera, yang disaksikan seluruh tamu undangan dan kafilah. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam