Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman foto bersama dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok dan Kepala Dinas Sosial dan PMD setempat beserta camat saat rakor walinagari. (ist)



Nagari di Solsel Diinstruksikan Jadikan Rakor Sebagai Evaluasi Perencanaan

PADANG ARO (SumbarFokus)

Seluruh pemerintahan nagari yang ada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), diinstruksikan menjadikan rapat koordinasi triwulan IV sebagai evaluasi menyusun rencana 2019 serta sinkronisasi antara program kabupaten dan nagari

Instruksi tersebut disampaikan Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman saat pembukaan Rakor Walinagari dan sosialisasi JKN KIS di Aula Sarantau Sasurambi, Padang Aro, Kamis (1/11/2018)

Saat itu Abdul Rahman meminta pemerintahan nagari menjadikan rapat koordinasi triwulan IV sebagai evaluasi menyusun rencana 2019 serta sinkronisasi antara program kabupaten dan nagari.
"Keberhasilan program ditentukan ketepatan perencanaannya, oleh sebab itu kegiatan ini bisa dijadikan ajang evaluasi agar tahun depan semakin bagus lagi," katanya.


Dikatakannya, penetapan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari harus tepat waktu dan untuk itu dibutuhkan koordinasi yang bagus antara walinagari dan Banmus.

"Penetapan APB Nagari sudah harus dulaksanakn pada Oktober dan kalau tidak bisa selambat-lambatnya di akhir tahun, sehingga saat 2019 tinggal pelaksanaan," kata dia.

Ia mengatakan, selama ini dana desa masih banyak untuk infrastruktur dan pimerintah daerah mendorong alokasinya, dimana pada 2019 diprioritaskan untuk membuat program peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah daerah melalui APBD juga sudah fokus ke infrastruktur, jadi nagari bisa memanfaatkan dana desa ke peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Karena saat ini Solok Selatan fokus pembangunan pariwisata kata dia, oleh harena itu untuk peningkatan ekonomi masyarakat maka nagari bisa menggali potensi wisata di daerahnya.

"Kami menargetkan tiap nagari memiliki satu destinasi wisata sehingga wisatawan memiliki alternaif kunjungan dan bisa lama di Solok Selatan," katanya.

Kita Peduli!

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan Nagari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solok Selatan Ali Afrionel mengatakan, sampai saat ini belum ada nagari yang menetapkan APB Nagari 2019.

Menurut dia nagari saat ini sedang fokus pembahasan APB perubahan sehingga belum ada yang menetapkan APB 2019. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021