Walikota Solok H. Zul Elfian saat menerima bendera MTQ dari Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai MTQ ke-37 Sumbar di Pariaman 2017 lalu. (Ist)



MTQ Tingkat Provinsi Sumbar 2019 Dipindahkan ke Kota Padang

PADANG (SumbarFokus)

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019 yang sebelumnya direncanakan di Kota Solok akan dipindahkan ke Kota Padang.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakankepada SumbarFokus, Keputusan itu diambil setelah terlaksannya rapat percepatan pelaksanaan MTQ tingkat provinsi 2019 di Ruang Rapat Kantor Gubernur Sumbar, Jumat, (30/11/2018) pekan lalu.

"Dipindahkannya ke Kota Padang karena Kota Solok tidak bisa menyanggupi pelaksanaan MTQ pada Maret 2019 mendatang, karena mereka sanggup di pertengahan atau akhir tahun. Maka untuk itu kami memilih Kota Padang menjadi tuan rumah, dan Pemko Padang pun menyanggupinya," kata Irwan Prayitno.


Menurut Irwan, selain kesanggupan Pemko Padang dalam percepatan MTQ tingkat provinsi, ini sekaligus untuk mengingatkan Pemprov Sumbar pada persiapan tuan rumah MTQ Nasional Tahun 2020.

Dengan alasan itu pula kata dia, pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi 2019 bisa lebih cepat diselesaikan, agar pembinaan kepada qori dan qoriah untuk MTQ nasional pun akan lebih maksimal.

"Kita menargetkan pada MTQ 2020 nanti bisa masuk lima besar. Mudah-mudahan bisa terwujud," kata Irwan.

Gubernur juga berharap, dengan dipindahkannya MTQ ke Kota Padang sebagai tuan rumah tidak akan berpengaruh kepada berkurangnya kesuksesan penyelenggara MTQ tingkat provinsi.

Meskipun secara fasilitas Kota Padang telah lengkap, namun ia juga meminta kepada semua pihak yang terlibat untuk dapat mendukung penuh MTQ tingkat provinsi agar dapat berjalan dengan lancar.

"Ada berbagai masjid besar seperti Masjid Raya Sumbar, Masjid Al Azhar UNP, Masjid Baiturahmah, dan Masjid di UPI yang bisa dijadikan tempat penyelenggaraannya. Tinggal kita memikirkan anggaran untuk pembukaan dan penutupannya lagi,"  pungkasnya. (005)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021