Terlihat anak-anak antusias dan menikmati acara yang digelar untuk menyemarakkan suasana Lebaran tahun ini di Desa Kampung Dilam, Sabtu (8/6/2019). (Foto : Mimi)


Gaya Hidup

Meriahkan Idul Fitri, Masyarakat Kampung Dilam Muaro Paneh Selenggarakan Kegiatan Unik

SOLOK (SumbarFokus)

Tarik tambang, panjang pinang anak-anak, sepak bola lumpur dalam sawah dan panjat pinang dewasa merupakan rangkaian kegiatan yang digelar masyarakat di Desa Kampung Dilam Jorong Balai Pinang Muaro Paneh Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (8/6/2019). Seluruh kegiatan ini merupakan acara untuk memeriahkan suasana Lebaran tahun ini di Desa Kampung Dilam. SumbarFokus yang saat itu berada di tengah masyarakat desa, bisa melihat antusias masyarakat menjadikan suasana Lebaran meriah dengan berbagai kegiatan di atas.

Koordinator pelaksana acara Darman Jaya mengatakan, berbagai macam kegiatan menarik diselenggarakan untuk kategori anak-anak dan dewasa seperti tarik tambang, panjat pinang anak-anak, joget balon, sepak bola lumpur dalam sawah dan acara puncak yaitu panjat pinang kategori dewasa yang akan di selenggarakan pada hari ini, Sabtu (8/6/2019).

"Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang selalu diselenggarakan setiap hari raya Idul Fitri dengan tujuan untuk hiburan bagi anak-anak, masyarakat serta para perantau yang pulang ke kampung halaman, terkhusus anak-anak yang telah berpuasa satu bulan penuh, tentu mereka butuh hiburan. Jadi, Kami dari kepanitiaan menyelenggarakan rangkaian acara ini, " kata Jaya. 


Berbagai hadiah menarik disediakan panitia untuk peserta panjat pinang seperti perlengkapan rumah tangga dan uang yang dimasukkan ke dalam amplop. 

"Untuk kategori dewasa, hadiahnya perlengkapan rumah tangga seperti yang telah tergantung di batang pinang dan hadiah itu nanti akan kami lelang untuk masyarakat,  sedangkan untuk kategori anak-anak hadiah yang kami gantungkan di batang pinang uang yang dimasukkan ke dalam amplop," jelas Jaya. 

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar menghibur tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar,  terkhusus untuk anak-anak.

"Semoga kegiatan ini terus berlanjut, lebih berkembang dan lebih luas lagi cakupannya sehingga lebih ramai lagi masayarakat yang menyaksikan," harapnya. 

Salah seorang masyarakat, Wati (30), mengaku sangat antusias dengan rangkaian acara menarik yang disuguhkan panitia. 

"Acara yang diselenggarakan sangat menarik dan sangat menghibur, sehingga dengan adanya rangkaian acara yang diselenggarakan panitia suasana Idul Fitri lebih berbeda, ramai, dan menyenangkan," katanya. 

Hadiah yang dibagikan dalam acara ini, tidak lepas dari bantuan para perantau yang punya perhatian terhadap kampung halaman. Bantuan dana dan hadiah dikirimkan para perantau yang tidak sempat pulang di libur Lebaran tahun ini. (013)

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      kabupaten-solok