Komunitas sepeda ontel ikut berpartisipasi dalam Pawai Alegoris di Jalan Sudirman Kota Padang, Minggu (18/8/2019). (Foto: Wahyu)


Lain-lain

Meriah, 105 Instansi Pawai Alegoris 2019 Tingkat Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Ribuan warga memadati sepanjang jalan Sudirman untuk menyaksikan pawai alegoris. Kegiatan ini melibatkan 105 instansi, dalam rangka Pemprov Sumbar memeriahkan HUT ke-74 RI tahun 2019.

"Ada 105 instansi yang ikut tahun ini, baik swasta maupun instansi pemerintahan, atau komunitas," kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti, usai pawai di Padang, Minggu sore (18/8/2019).

Menurutnya, pawai alegorisnya harus berkelanjutan. Dengan alasan, selain menguatkan rasa persatuan, kesatuan, dan rasa nasionalisme, pawai ini juga ajang memperkenalkan beragam budaya yang dimiliki Sumbar ke masyarakat luas.


"Kegiatan ini harus ada setiap tahunnya, terutama dalam momentum 17 Agustus, untuk memperkuat rasa persatuan," ujarnya.

Sebelumnya, Pawai Alegoris ini dilepas oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di depan Kantor Gubernur. Adapun Pawai Alegoris ini dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok non-kendaraan dan kelompok kendaraaan dengan segala atributnya.

"Kegiatan ini bisa dimaknai sebagai meningkatkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat. Jadi HUT ke-74 Kemerdekaan RI lebih bermakna bagi bangsa dan negara," kata Irwan.

Dalam sambutannya, Irwan juga menyampaikan bahwa Pawai Alegoris ini merupakan salah satu bentuk kegembiraan dan hiburan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Tanah Air. Dengan harapan, semakin kuatnya persatuan antar anak bangsa.

"Semua masyarakat bisa menyaksikan pawai Alegoris, karena rutenya pada tahun ini lebih diperpanjang, sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat," jelas alumni UI itu.

Dalam pantauan SumbarFokus di lapangan, peserta pawai memakai beragam pakaian tradisional adat khas Minangkabau, dan beragam atribut instansi, lembaga atau komunitas. Misalnya, pakaian silat, pakaian instansi, hingga atribut-atribut instansi dengan mengendari kendaraan.

Pawai yang dimulai pukul 14.30 WIB ini, bergerak dari GOR Agus Salim hingga berhenti di Imam Bonjol Padang. Turut hadir Wagub Nasrul Abit, Forkopimda Provinsi, Ketua TP PKK Nevi Zuairina, Ketua BKOW Wartawati, Kapolda Sumbar, Korem 032/Wbr, Kepala SKPD serta undangan lainnya. (005)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *