Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat menerima sirih carano dalam HKG-PKK 2019 ke-47 di Padang, Kamis (25/7/2019). (Foto: Wahyu)


Nasional

Mendagri RI Sebut PKK Sudah Diakui Dunia Internasional

PADANG (SumbarFokus)

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dipercaya menjadi tuan rumah Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Tingkat Nasional ke-47 tahun 2019. Dalam kesempatan kegiatan yang dilaksanakan di Kota Padang itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, gerakan PKK ini sudah diakui dunia internasional seiring kiprahnya diusia ke-47 ini.

“Saya kira dengan usia yang ke-47 ini, kita berikan penghargaan bagi ibu-ibu PKK, ini menunjukkan PKK yang dipelopori zaman Mendagri Bapak Supardjo Rustam sudah diakui secara internasional,” ungkap Tjahjo di Padang, Kamis (25/7/2019).

Dalam pidatonya pada Puncak HKG-PKK 2019 di Kota Padang itu ia menambahkan, gerakan PKK kini sudah mengintegrasikan program isu-isu krusial, di antaranya terkait peningkatan kualitas Sumbar Daya Manusia (SDM) sebagai proram prioritas pemerintah saat ini.


Adapun gerakan PKK yang terintegrasi maksud Mendagri ialah isu permasalahan kerentanan keluarga, terutama terkait kesehatan, seperti angka kematian ibu hamil dan anak yang masih tinggi, stunting dan gizi anak, serta permasalahan keluarga lainnya.

“Tentu ini harus semakin digerakkan dan diorganisir, karena program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM bergantung pada penyelesaian permasalahan keluarga,” terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan bahwa HKG-PKK ini bisa menjadikan anggota, terutama kaum ibu-ibu lebih kreatif, inovatif, serta tangguh dalam segala hal. Salah satunya termasuk dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

“Misalnya, semakin banyaknya produk kreatif untuk menghidupkan UMKM dan menambah pendapatan keluarga. Tapi kewajiban pada suami dan keluarga jangan sampai diabaikan,” pesannya.

Dalam kegiatan Puncak HKG-PKK tersebut, selain anggota atau pengurus PKK, juga dihadiri unsur pemerintahan provinsi, kabupaten, dan kota dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, juga turut pemberian penghargaan Adhi Bhkati Utama dan Adhi Bhakti Madya bayi anggota TP PKK dan Kader PKK. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *