Suasana vidcon Wagub Sumbar Nasrul Abit dengan Mendagri, Rabu (24/6/2020). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Mendagri Ingatkan Daerah untuk Menerapkan Protokol COVID-19 saat Pilkada Serentak

PADANG (SumbarFokus)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan agar setiap tahapan Pilkada Serentak 2020 tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Kemudian, karena pelaksanaan Pilkada serentak 2020 masih dalam masa pandemi COVID-19, maka dapat dipastikan fasilitas atau kebutuhan pada penyelenggaraan Pilkada akan banyak bertambah.

Ini disampaikan Mendagri dalam kesempatan rapat koordinasi dengan 270 Kepala Daerah yang melaksanakan Pilkada tahun 2020 menggunakan video conference (vidcon) di ruang kerjanya, Rabu (24/6/2020), yang diikuti juga oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit.

"Tadi Pak Menteri Dalam Negeri menekankan pentingnya setiap daerah yang menyelenggarakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah untuk menyukseskannya, baik soal persentase pendanaan berdasarkan Naskah Perjanjinan Hibah Daerah (NPHD), serta soal kesiapan penyelenggaraan pilkada dalam kondisi pandemi COVID-19 ini," tambah Wagub Nasrul Abit.


Wagub juga mengatakan, untuk itu setiap daerah yang menyelenggarakan Pilkada, Mendagri juga meminta agar Pemerintah Daerah melakukan penyesuaian kembali APBD nya, secara khusus terkait penyelenggaraan Pilkada.

Semua pihak diimbau, agar dapat terus menciptakan situasi kondisi yang aman. Baik itu terkait kesehatan terkait pandemi COVID-19, maupun hal lain sehingga hingga tercipta kondusivitas di daerah masing masing.

Adapun tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada, disampaikan, yaitu dimulai dari 15 Juni sampai 9 Desember 2020, seperti tahapan verifikasi faktual, tahapan pendaftaran Paslon, tahapan masa kampanye, hingga tahapan pemungutan suara di hari H.

Pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) dilakukan 14 tahapan, yang diawali dengan pengumuman pendaftaran Paslon pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 3 September 2020. Kemudian, dilanjutkan verifikasi syarat pencalonan pada tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020.

Untuk tahapan masa kampanye dilaksanakan selama 71 hari yang dimulai 26 September sampai 5 Desember 2020. Hari pemungutan suara dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Pada Rakor tersebut, Pemerintah Pusat juga menyarankan agar Daerah selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti KPU RI, BAWASLU RI, POLRI dan TNI di masing-masing daerah dalam pelaksanaan Pilkada Serentak. (000)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021