Bunga bangkai jenis Amorphallus Titanun ini berukuran tinggi 2,5 meter, diperkirakan beberapa hari ke depan akan mekar sempurna. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Menakjubkan! Bunga Bangkai Amorphallus Titanum 2,5 Meter Ditemukan di Agam

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Bunga bangkai jenis Amorphallus Titanun setinggi 2,5 meter ditemukan oleh Heru Nofriadi (23) warga Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), saat hendak ke kebunnya. Heru mengatakan, Selasa (18/2/2020), temuannya itu sudah sejak sepekan.

Bunga bangkai itu diperkirakan mekar sempurna beberapa hari ke depan, karena sudah melihatkan tanda-tanda mekar.

Di lokasi itu, ia juga menemukan satu individu bunga bangkai mekar dengan ketinggian hampir satu meter. Diketahui, bunga langka ini sering ditemukan di Nagari Koto Rantang, bahkan tersebar di sekitar hutan itu.


"Dua tahun lalu juga ada bunga bangkai yang mekar di lokasi ini," katanya.

Heru kemudian memasang pagar pembatas agar bunga bangkai tersebuttidak dirusak warga, karena warga sudah mengetahui dan berkemungkinan warga akan melihat secara dekat ke lokasi.

Heru juga melaporkan temuannya tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Bukittinggi.

Kepala BKSDA Resor Bukittinggi Ciko mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan adanya bunga bangkai di Sitingkai. Rencananya petugas BKSDA Resor Bukittinggi akan ke lokasi dalam waktu dekat.

"Kita sudah mendapatkan laporan itu dan kita akan ke lokasi untuk memasang papan imbauan agar tidak dirusak warga," katanya.

Selain bunga bangkai, tambahnya, BKSDA Resor Bukittinggi juga menerima lapora tumbunhya Bunga Rafllesia jenis Arnoldi yang mekar di halaman rumah Joni Hartono (43) warga Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam