Menteri Agama RI Fachrul Razi foto bersama Rektor UIN Imam Bonjol Padang di dampingi Kapolda Sumbar beserta jajaran, Jumat (29/11/2019). (Foto : Miftahul Ilmi)


Lain-lain

Menag RI Senang Berkunjung ke UIN IB Padang

PADANG (SumbarFokus)

Puncak kemeriahan Dies Natalis Universitas Islam Negeri (UIN) imam Bonjol Padang ke-53, laksanakan orasi ilmiah yang dihadiri langsung oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) Fachrul Razi, Jumat (29/11/2019).

Fachrul Razi mengaku senang dan bangga telah mengunjungi UIN Imam Bonjol Padang.

"UIN Imam Bonjol Padang bagus sekali, tertib, anak muda yang luar biasa dan kelihatan betul mereka mempunyai visi ke depan yang baik, dan UIN Imam Bonjol ini banyak sekali prestasinya, baik UIN-nya maupun lulusannya. Saya hanya mendorong semangat saja untuk tetap maju kedepan menjadi lebih baik," ungkapnya.


Ia berpesan, UIN Imam Bonjol Padang hendaknya harus memiliki karakteristik yang berbeda dengan Perguruan Tinggi lainnya.

"Saya kira budaya Minang melayu adalah budaya yang luar biasa, Islam di Indonesia ini juga sangat dipengaruhi oleh budaya-budaya melayu. Oleh karenanya saya mendorong hal itu untuk menjadi kajian akademik UIN Imam Bonjol Padang," ujarnya.

Ia mengutip hadits Rasulullah tentang kepemimpinan.

"Saya mengutip kepemimpinan Rasulullah, idealnya supaya kita mempunyai sikap yang sama, bahwa memimpin itu tidak boleh menutup diri dari saran, tapi pemimpin juga harus mau menerimanya," tutupnya.

Sementara, Rektor UIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman berharap di usianya yang ke-53 UIN Imam Bonjol Padang bisa lebih maju lagi.

"Mudah-mudahan UIN ini bisa lebih maju lagi dan bisa memberikan kontribusi yang positif bagi Sumatera barat dan bagi Indonesia," harapnya.

Ia menuturkan, di hari kelahiran UIN ke-53 ini, UIN Imam Bonjol Padang sudah banyak bakti untuk negara.

"UIN Imam Bonjol sudah melahirkan tiga Institut Agama Islan Negeri (IAIN) seperti IAIN Batusangka, IAIN Bukittinggi, dan IAIN Padang Sidempuan. Tidak hanya itu, alumni UIN Imam Bonjol Padang juga sudah banyak yang berkiprah di luar dan menjadi pimpinan beberapa instansi pemerintah dan swasta," jelasnya.

Tambahnya, UIn IB Padang memiliki enam fakultas.

"Kami memiliki enam Fakultas yaitu, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Dakwan dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, seluruh prodi terakreditasi B. Di samping itu, UIN IB Padang mempunyai 12.000 lebih mahasiswa, juga mempunyai 379 dosen, dan 13 orang bergelar profesor, dan 167 tenaga kependidikan," urainya. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      perguruan-tinggi