Kepala Biro Operasi (Karo OPS) Polda Sumbar Kombes Pol Djadjuli, saat diwawancara wartawan di ruang VVIP BIM, Rabu (14/4/2021). (Foto: M. SHIDDIQ PUTRA)


Lain-lain

Meminimalisasi Arus Mudik, Polda Sumbar Segera Rumuskan Teknis Aturan Pengamanan Wilayah Perbatasan

PADANG (SumbarFokus)

Sesuaian arahan dari Pusat untuk meminimalisasi arus mudik yang diperkirakan akan terjadi dari Kamis hingga Senin (6-17/5/2021), Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) ikut andil dalam menjaga perbatasan wilayah Sumbar.

Disampaikan oleh Kepala Biro Operasi (Karo OPS) Polda Sumbar Kombes Pol Djadjuli, Rabu (14/4/2021), pengamanan mudik ini sejalan dengan arahan Pusat. Polda Sumbar akan menyiagakan Brigade Mobil (Brimob) gabungan di perbatasan Sumbar. Pemeriksaan ketat akan dilaksanakan tiap penjagaan di perbatasan tersebut.

"Teknis masuk seperti pemeriksaan KTP, identitas, dan bagi pemudik asli Sumbar boleh masuk apabila KTP-nya Sumbar," katanya.


Namun demikian, ini masih bersifat gambaran yang disampaikan oleh Djadjuli, karena untuk pastinya, pihaknya segera merapatkan teknis aturan penjagaan di wilayah perbatasan ini.

Diungkapkan juga, jumlah personel yang akan disiagakan oleh Polda Sumbar sebanyak tiga per empat dari jumlah total jajaran Polda Sumbar.

"Rapat selanjutnya akan mengundang instansi terkait seperti Perhubungan, dan lain-lain," ujarnya.

Dia berharap, jangan sampai kejadian tahun lalu terulang kembali, yaitu banyaknya pemudik di perbatasan Riau-Sumbar yang ingin memasuki Sumbar dilarang masuk, sehingga terjadi kemacetan panjang.

"Karena ini terkait dengan COVID-19 yang kasusnya terus naik sekarang, bahkan wilayah Kabupaten 50 Kota sudah merah. Apabila dibiarkan, kasus ini akan naik terus," tutur Djadjuli.

Oleh karena itu pihaknya bersama dengan tim gabungan nanti, dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19, akan memperketat penjagaan wilayah perbatasan Sumbar, khususnya saat momen mudik Lebaran tahun ini. (018)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar