Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar, yang juga Kadiskominfo Sumbar, Jasman Rizal. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Melandai, Hari Ini 2 Penambahan Warga Sumbar Positif COVID-19 dan 5 Pasien Dilaporkan Sembuh


PADANG (SumbarFokus)

Hari ini, Jumat (22/5/2020), disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Barat (Sumbar), yang juga Kepala Diskominfo Sumbar, Jasman Rizal, telah terjadi penambahan kasus warga Sumbar yang dikonfirmasi positif COVID-19 sebanyak dua orang. Jumlah ini, secara signifikan melandai, dibandingkan jumlah peningkatan di hari-hari sebelumnya. 

"Total sampai hari ini telah 438 orang Warga Sumbar terinfeksi COVID-19. Terjadi penambahan 2 orang lagi. Sembuh bertambah 5 orang, sehingga total sembuh 157 orang, dan meninggal bertambah 1 orang sehingga total meninggal menjadi 24 orang," ujar Jasman.

Dua penambahan tersebut, dikatakan, berasal dari Kabupaten Dharmasraya, yaitu seorang wanita (usia 34 tahun, warga Pulau Punjuang, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari tempat kerja, penanganan isolasi mandiri sementara) dan seorang pria (usia 36 tahun, warga Pulau Punjuang, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara).


Sementara, 5 orang pasien yang tadinya positif COVID-19, hari ini dinyatakan sembuh. Mereka adalah:

1. Pria 38 tahun, warga Kuranji Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang;

2. Wanita 17 tahun, warga Andalas Kota Padang, ststus pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital;

3. Pria 58 tahun, warga Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi;

4. Wanita 60 tahun, warga Mata Air Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang; dan

5. Wanita 26 tahun, warga Pauh Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan spesimen darah kasus Covid-19 di M. Djamil, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Kita Peduli!

Hari ini, juga dilaporkan ada seorang pasien yang meninggal, yaitu seorang pria 59 tahun, warga Lubuak Kilangan Kota Padang, pekerjaan petani, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

"Dengan demikian total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Jum'at 22 Mei 2020 adalah 438 orang, dengan rincian 135 orang dirawat di berbagai rumah sakit, isolasi mandiri 38 orang, isolasi daerah 3 orang, Bapelkes 11 orang dan di BPSDM 59 orang, BPP Padang 11 orang, meninggal dunia 24 orang, dan sembuh 157 orang," rinci Jasman lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten/Kota se-Sumbar, Jumat 22 Mei 2020 pukul 14.00 WIB, diketahui jumlah total Orang Dalam Pemantauan (ODP) Sumbar adalah sebanyak 9.012 orang (dalam proses pemantauan 172 orang, dengan rincian yang dikarantina Pemda 27 orang dan 145 orang isolasi mandiri; dan yang selesai pemantauan 8.840 orang).

Kemudian, jumlah total pasien Dalam Pengawasan (PDP) adalah sebanyak 840 orang.

"Dari 840 PDP tersebut, 55 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 785 orang," pungkas Jasman. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018