Tampak dalam foto, kiri ke kanan, Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar, Rektor UNP Ganefri, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, dan Ketua MUI Kota Padang Duski Samad. Melalui Gerakan Rp10 Ribu Peduli Donggala-Palu, para tokoh mengimbau seluruh masyarakat Sumbar untuk memberikan sumbangan minimal Rp10 ribu. (Foto: Yeyen)



Melalui Gerakan Rp10 Ribu, Tokoh Minang Satukan Tekad Galang Dana Maksimal untuk Donggala dan Palu

PADANG (SumbarFokus)

 

Sejumlah tokoh Sumatera Barat menyatukan tekad untuk membantu pemulihan kondisi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pascabencana gempa bumi dan tsunami 7.7 SR yang menelan korban lebih dari 1.200 jiwa serta kerusakan infrastruktur yang cukup parah.

Diprakarsai mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar, para tokoh menyatukan suara melakukan gerakan Minang Berbagi untuk Donggala-Palu dengan Rp10 ribu, Selasa (2/10/2018), di Padang.


“Kita pernah alami hal yang sama. Kalau tidak ada pemberitaan media, recovery Padang tidak tuntas, bahkan bisa makan waktu sangat akan lama. Tapi saat itu, pagi-siang-malam diberitakan media. Kepada media pula, saat ini, kami berharap, kita imbau warga Sumatera Barat untuk melakukan gerakan Rp10 ribu. Andaikan separuh Kota Padang saja, misalnya, mengumpulkan sumbangan, bisa terkumpul dana hingga Rp5 miliar untuk Donggala dan Palu,” ujar Fauzi Bahar

Fauzi dan para tokoh yang hadir dalam pertemuan penetapan Gerakan Rp10 Ribu ini, seperti Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri, Ketua MUI Kota Padang Duski Samad, Ketua Gebu Minang Sumbar Boy Lestari, Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus, Rektor Universitas Bung Hatta Azwar Ananda, Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel, dan perwakilan LSM yang juga wartawan senior Fachrul Rasyid, seluruhnya menyatakan komitmen untuk menyerukan masyarakat Sumbar agar peduli dan memberikan sumbangan bagi saudara-saudara korban bencana di Sulawesi Tengah.

Fauzi juga menyentuh emosional masyarakat Sumbar dengan mengingatkan bahwa masyarakat di Donggala dan Palu secara historis diwarnai juga oleh kultur Minangkabau, mengingat secara sejarah banyak tokoh-tokoh di daerah tersebut berasal dari Ranah Minang, misalnya gubernur pertama yang berasal dari Payakumbuh dan gubernur ke-empat Sulawesi Tengah yang berasal dari Padang Panjang.

Ketua MUI Kota Padang Duski Samad juga memberikan sudut pandang historis Sulawesi Tengah yang dipengaruhi kultur Minangkabau.

“Minangkabau

sangat familiar di sana,” kata Duski Samad. Dia juga mengajak masyarakat Sumbar untuk belajar dari gempa bumi dan tsunami yang menimpa Donggala dan Palu.

“Terutama kita yang di pinggiran pantai, kita coba apungkan potensi-potensi yang memungkinkan itu terjadi. Perlu me-warning masyarakat, paling tidak mengigatkan bahwa teknologi saat ini baru sebatas memperkirakan,” ujarnya.

Dalam pendeklarasian gerakan ini, Rektor UNP Ganefri dipilih sebagai Ketua Umum Gerakan, yang dibantu oleh Ketua Pelaksana Harian Fauzi Bahar. Sementara, untuk menyatukan pandangan para kepala daerah di Sumbar, dipilihkan Bupati Ali Mukhni.

“Kita mengimbau juga pada para kepala daerah, agar tidak memberikan sumbangan secara langsung ke daerah bencana, namun dikumpulkan dulu dalam wadah ini dan atas nama masyarakat Sumatera Barat bantuan ini kita berikan pada masyarakat di sana,” kata Bupati Ali Mukhni.

Bukan hanya pada kepala daerah, imbauan ini diharapkan juga didengar oleh berbagai elemen yang bertekad memberikan bantuan kepada Donggala dan Palu. Bantuan yang nanti diberikan, disebutkan, akan berupa bantuan riil untuk fisik yang mendesak dibangun seperti pembangunan masjid, sekolah, atau lainnya.

Rektor UNP Ganefri menambah semangat dengan menyatakan bahwa UNP mematok mengumpulkan bantuan hingga Rp500 juta minimal.

“Waktu gempa yang kita alami dulu, UNP juga banyak mendapat bantuan dari berbagai universitas se-Indonesia. Untuk Donggala dan Palu, kami targetkan Rp500 juta dikumpulkan. Mahasiswa kita ada 400.000 orang, sedangkan dosen dan karyawan ada 20.000 orang,” ungkap Ganefri optimis. (yyn)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      bencanasumbar