Penyaluran bantuan "Berisi" oleh ACT Sumbar kepada santri Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Shine Alfalah, Kamis (16/1/2020) (Foto: Ist.)


Lain-lain

Melalui "Berisi", ACT Sumbar Salurkan Beras untuk Enam Ponpes

PADANG (SumbarFokus)

Program kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kota Padang menegaskan komitmennya untuk terus menggulirkan program Beras untuk Santri Indonesia (Berisi).

Program itu pertama kali dilaksanakan pada Hari Santri Indonesia 2019 lalu dan berlangsung hingga saat ini.

Salah seorang pengurus ACT Sumbar Aan mengatakan program bantuan bahan pokok pangan berupa beras itu umumnya disalurkan ke pondok pesantren yang tidak memungut biaya pendidikan kepada para santrinya, terutama santri yatim piatu, duafa, dan prasejahtera.


"Sejak diluncurkan pada Hari Santri 2019 lalu, program Berisi terus memberikan kebahagiaan bersama santri yang ada di Indonesia. Khusus di Sumbar ada sekitar enam pondok pesantren yang sudah menerima manfaat program ini. Ke depan kita berupaya untuk terus menjangkau pondok pesantren lainnya,” terang Aan kepada SumbarFokus, Kamis (16/1/2020).

Ia mengakui masih banyak ponpes yang tidak memungut biaya untuk santrinya yang belum terjangkau program Berisi.

“Mereka butuh support kita untuk menjaga kebutuhan pokok bagi para santrinya terutama beras sehingga santri bisa lebih fokus dalam belajar,” ujarnya.

Ia menambahkan salah satu ponpes yang menerima program Berisi yaitu Perkampungan Minangkabau Shine Alfalah yang menampung 442 santri.

"Pesantren ini tidak memungut biaya sama sekali bagi santrinya yang prasejahtera, yatim piatu, dan duafa. Namun, Berisi dikecualikan jika ada santri yang mampu dan donatur yang ingin menjamin santri tersebut,” ulasnya.

Sementara Humas Ponpes Perkampungan Minangkabau Shine Alfalah Lisa mengungkapkan bantuan yang disalurkan ACT Sumbar sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pokok para santri.

“Alhamdulilah ini kali kedua program Berisi ACT-MRI ini di salurkan di pondok pesantren kami. Sebelumnya juga banyak program ACT disalurkan ke kami. Santri kami sangat banyak dan tentu juga memerlukan kebutuhan pokok seperti beras dalam jumlah banyak,” tuturnya.

Ia mengisahkan, pada penyaluran program Berisi tahap pertama, pihaknya saat itu benar-benar kehabisan beras.

“Alhamdulillah, ada program Berisi ACT-MRI sehingga kami jadi lega,” ungkapnya.

Program Berisi akan terus berjalan dengan dukungan dermawan dan untuk itu bagi yang ingin berpartisipasi dapat disalurkan melalui rekening Aksi Cepat  Tanggap (ACT) BNI Syariah 8660 2910 1910 0148 atau bisa langsung antar ke kantor ACT di Jl. S. Parman Nomor 170 C, Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      padangsumbar