Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Gaya Hidup

Mau Rumah Jadi Nyaman? Coba Hiasi Ruangan dengan Tanaman

PADANG (SumbarFokus)

Saat ini, tren menghias rumah menjadi sesuatu yang makin populer di kalangan masyarakat. Pandemi memang membawa banyak perubahan, misalnya orang menjadi lebih bersemangat menata atau menghias rumah agar rumah menjadi tempat yang nyaman. Ada banyak cara untuk menata ruangan di dalam rumah Anda dan salah satunya adalah menghias ruangan dengan tanaman. Tanaman akan menjadi pilihan dekorasi yang meningkatkan estetika ruang dan memberi kesan natural.

Umumnya, tanaman akan diletakkan di depan rumah atau teras. Namun, kini banyak orang terinspirasi untuk meletakkan tanaman mereka di dalam ruangan. Meletakkan tanaman hias di dalam rumah adalah sebuah pilihan tepat untuk menghadirkan suasana baru yang natural dan menyenangkan. Berikut ini adalah 6 inspirasi menghias ruangan di rumah Anda dengan menggunakan tanaman.

1.    Letakkan di Sudut Ruang
Ide pertama yang bisa diterapkan ketika ingin meletakkan tanaman di dalam rumah yaitu cobalah memilih posisi sudut ruangan. Posisi ini sangat cocok untuk ditempati oleh tanaman hias. Biasanya posisi ini direkomendasikan untuk jenis tanaman hias yang ukurannya sedang sampai besar. Gunakan juga bangku kecil untuk membuat posisi pot jadi lebih tinggi. Namun, jika model pot sudah cukup tinggi dan besar maka letakkan saja pot begitu saja di lantai.
Meletakkan pot di sudut ruang bisa jadi cara terbaik untuk mempercantik rumah Anda. Ini akan memberikan kesan natural, tetapi tidak berlebihan. Bahkan tanaman tersebut akan membuat ruangan menjadi terasa lebih manis dan nyaman untuk dipandang. Pilih jenis tanaman yang memang cocok diletakkan di dalam ruangan seperti monstera, kaktus, atau bisa juga kuping gajah.


2.    Susun Tanaman Gantung
Ternyata tanaman gantung juga bisa menjadi ide tanaman hias di dalam rumah. Tidak hanya cocok digantungkan di teras rumah, tanaman jenis ini juga dapat menggantung indah di area dalam rumah Anda. Tanaman ini juga cocok digantung sebagai hiasan dinding di rumah. Dinding area tangga menjadi salah satu spot yang sangat cocok untuk dipasangi tanaman ini.
Namun, perlu diperhatikan bahwa dekorasi ruangan menggunakan tanaman gantung ini harus benar-benar dijaga kebersihannya. Apalagi ketika Anda akan menyiram tanaman. Pastikan untuk menurunkan semua pot dulu baru disiram dan berikan air secukupnya saja. Jangan terlalu banyak. Selain itu, sangat disarankan juga untuk memilih jenis tanaman gantung yang tidak butuh banyak air agar tidak mengotori area dalam ruangan.

3.    Gunakan Tanaman Sukulen
Anda juga bisa menghias ruangan dengan tanaman sukulen. Jenis tanaman ini memang sangat difavoritkan sebagai tanaman indoor karena perawatannya mudah dan tidak butuh banyak air. Sebenarnya, jenis tanaman dengan karakter seperti sukulen inilah yang sangat cocok dijadikan sebagai tanaman dalam ruangan karena cenderung bersih dan tidak butuh paparan sinar matahari.
Selain tidak membutuhkan paparan sinar matahari dan dapat memperkecil risiko rumah menjadi kotor, tanaman sukulen juga memiliki nilai estetika yang sangat baik. Keindahan tanaman ini akan membuat ruangan di rumah Anda terlihat lebih hidup. Biasanya tanaman sukulen akan dijadikan sebagai dekorasi meja atau rak di dalam rumah. Ukurannya memang cenderung mungil sehingga sangat cocok menjadi hiasan meja dan rak.

4.    Pilih Tanaman Merambat
Ada banyak jenis tanaman yang memang cocok diletakkan di dalam rumah dan salah satunya adalah tanaman merambat. Tanaman ini akan tumbuh merambat dan memberi estetika di dalam lingkungan rumah Anda. Sirih gading merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan rumah. Tanaman ini mudah tumbuh subur dan bisa hidup dengan media air.
Di mana posisi yang paling pas untuk meletakkan tanaman merambat ini? Anda bisa memasang ambalan kayu di dinding dan meletakkan tanaman rambat di sana. Nantinya, tanaman akan tumbuh menjuntai ke bawah dan membentuk kesan yang indah. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan tanaman merambat ini di sebuah rak. Rambatan daun di rak akan memberikan kesan yang cantik juga natural.

5.    Gunakan Pot Estetik
Bukan hanya pemilihan jenis tanaman yang harus diperhatikan, melainkan juga jenis pot yang akan dipakai. Jika Anda ingin menghias ruangan dalam rumah dengan tanaman, maka pilihlah model pot yang estetik agar terlihat semakin indah. Anda bisa mencari referensi model pot yang estetik dari berbagai sumber, misalnya dari akun-akun home decor di Instagram atau melihat referensi pot-pot yang biasanya digunakan sebagai dekorasi cafe outdoor.
Pilihan pot estetik saat ini sangat beragam. Anda bisa menyesuaikan model pot dengan gaya dekorasi atau interior di rumah. Perpaduan antara tanaman yang indah dan pot yang estetik jelas akan membuat isi rumah Anda terlihat lebih hidup dan semakin manis.

6.    Letakkan Bunga dalam Vas
Anda juga bisa memasukkan unsur alam di dalam rumah dengan meletakkan bunga di dalam vas. Bunga dalam vas ini akan menjadi ide dekorasi yang sangat cocok untuk diletakkan di atas meja atau rak. Anda bisa memilih jenis bunga favorit yang menurut Anda paling enak dipandang. Namun, perlu diketahui bahwa bunga-bunga ini bisa saja layu dan perlu diganti dengan bunga yang lain.

Agar bunga di dalam rumah bisa terlihat indah, pilihlah vas bunga yang bagus dan berkualitas. Anda bisa mendapatkan produk vas bunga terbaik di e-commerce Blibli. Blibli menawarkan banyak sekali pilihan tipe vas yang cantik dan bisa memperindah ruangan di rumah Anda. Tinggal pilih saja ukuran dan bentuk vas yang paling sesuai dengan selera.

Kita Peduli!

Blibli akan menjadi e-commerce pilihan terbaik untuk berbelanja aneka barang dekorasi rumah seperti vas bunga. Selain lengkap pilihan produknya, Blibli juga memberi penawaran harga terbaik. Bersama Blibli, kegiatan menghias ruangan dengan tanaman akan jadi lebih mudah dan menyenangkan! I (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      gaya-hidup