Wagub Sumbar Nasrul Abit saat menghadiri halalbihalal Pengwil INI Sumbar dan IPPAT Sumbar di Padang, Rabu (3/7/2019). (Foto: Wahyu)


Lain-lain

Masih Kategori Tipe D, Pemprov Dorong Notaris Sumbar Naik Kelas

PADANG (SumbarFokus)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berupaya mendorong Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) setempat agar berusaha naik kelas dengan minimal mampu menjadi notaris daerah tipe B.

Pasalnya, sejak empat tahun terakhir notaris daerah Sumbar masih dalam kategori daerah tipe D secara umum. Kategori ini dilihat dari formasi jabatan yang ditetapkan berdasarkan kegiatan usaha, jumlah penduduk, dan jumlah akta yang dibuat notaris setiap bulannya.

"Notaris daerah kita masih tipe D, kita dorong secara perlahan agar naik kelas, minimal tipe B," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, dalam acara halalbihalal Pengurus Wilayah INI dan  dan Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Sumbar di Padang, Rabu (3/7/2019).


Mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode ini mengatakan, setidaknya jumlah notaris di Sumbar sudah mencapai 600 orang. Jumlah ini bisa menjadi pertimbangan bagi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sebagai modal untuk peningkatan naik kelas.

"Kalau memenuhi syarat menuju tipe A mungkin sulit, tapi secara bertahap harus bisa naik kelas minimal B, masa harus D terus," ujar Nasrul.

Selain itu, ia juga menyarankan agar notaris yang ada bisa bergandengan tangan pemerintah daerah (Pemda), baik walikota, bupati, camat, hingga lurah di 19 kota dan kabupaten di Sumbar. Tujuannya, agar bisa saling bersinergi dalam setiap sengketa yang dihadapi Pemda. 

"Selama ini hubungan notaris dan Pemda belum begitu bagus, padahal Pemda sangat butub notaris sebagai masukan dalam setiap kebijakan atau sengketa yang dihadapi," ungkapnya.

Kemudian, ia berharap notaris juga bisa merangkul pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), agar mengantongi usaha berbadan hukum secara resmi dari notaris. Namun meskipun begiru, notaris tidak boleh menaikkan atau menurunkan harga semaunya, yang justru memberatkan masyarakat.

"Notaris juga harus punya tanggungjawab moral, jangan menawarkan apapun kepada pemerintah untuk memuluskan sesuatu. Saat ini sudah serba digital, semua harus dipertanggungjawabkan," pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengwil INI Sumbar Indrajaya mengakui, saat ini notaris di Sumbar memang kategori tipe D. Terutama untuk Kota Padang, dan Kota Bukittinggi. Namun, pihaknya berusaha untuk bisa naik kelas seperti yang diusulkan Wagub Sumbar.

"Pertengahan Agustus Ketua Pengurus Pusat beserta Menkumham ke Padang, sekaligus memilih Pengwil INI yang baru, nanti kita akan bicarakan agar kita di Sumbar bisa naik kelas. Setidaknya bisa tipe C," sebutnya.

Selain itu, Ketua Pelaksana halalbihalal INI dan IPPAT Sumbar Novrial Bahrun menuturkan, pengurus INI dan IPPAT tidak bisa dipisahkan. Sebab, kolaborasi kerjasama antara keduanya harus dalam satu harmoni. Saling menjaga kekompakan, agar organisasi bisa terjalin dengan baik.

"Kita mesti saling berkolaborasi, dan menjalin silaturahmi yang kuat, sebab pemerintah dan masyarakat membutuhkan INI dan IPPAT," ujarnya.

Diketahui, dalam laman resmi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham, ada empat kategori daerah. Kategori daerah A meliputi, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kota Administrasi Jakarta Timur.
Kemudian untuk kategori daerah B meliputi, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Semarang, Kota Meda, Kota Makassar, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Yogyakarta, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Sleman. 
Kategori daerah C meliputi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Tangerang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Bantul, Kota Surakarta, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Gowa, Kota Batam, Kota Pekanbaru, Kota Denpasar, Kabupaten Badung dan Kabupaten Gianyar.

Sedangkan daerah-daerah yang tidak tersebut di atas merupakan daerah yang masuk kategori daerah D. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018