Ketua AFEBIS Ade Sofyan Mulazid didampingi Wakil Rektor III UIN-IB Padang Ikhwan Matondang menerima bingkisan buku dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai jamuan makan malam di Aula Kantor Gubernur Sumbar, di Padang, Rabu (28/11/2018). (Foto: Wahyu)


Pendidikan

Lulusan Berbasis Syariah Berpeluang Besar di Dunia Kerja

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyebutkan lulusan  berbasis syariah, seperti ekonomi syariah, perbankan syariah, serta ekonomi bisnis Islam memiliki peluang besar di dunia kerja. Pasalnya, saat ini semua sektor juga sedang menggalakkan program syariah.

“Sekarang berbagai program syariah sedang digalakkan termasuk di Sumbar, seperti adanya wisata halal, kuliner halal, hotel syariah, bank syariah, dan lainnya , itu semua peluang,” kata Irwan dalam jamuan makan malam Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam se-Indonesia (AFEBIS) di Aula Gubernur Sumbar, Padang, Rabu malam (28/11/2018).

Selain itu Irwan juga sangat mengapresiasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB) Padang sebagai tuan rumah kegiatan Annual International Conference Islamic Economic and Social Sciences (AICIESS) yang digelar sejak 28 November hingga 3 Desember 2018 ini.


“Kita sangat mendukung UIN IB Padang sebagai tuan rumah AICIESS ini. Selain berharap bisa melahirkan solusi ekonomi Islam yang hebat sekaligus ajang promosi destinasi wisata dan kuliner Sumbar karena pesertanya se-Indonesia,” ujar Irwan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor III UIN-IB Padang Dr. Ikhwan Matondang, MA juga mengungkapkan, lulusan jurusan berbasis syariah memiliki peluang besar. Hanya saja ia menilai bahwa sampai saat ini pangsa pasar ekonomi syariah di Indonesia masih rendah dibanding beberapa negara lainnya.

“Pangsa pasar ekonomi syariah se-Indonesia baru 5,7 persen, masih kalah oleh Provinsi Sumbar yang sudah mencapai 6,2 persen,” ungkap Ikhwan dalam serangkaian kegiatan AICIESS yang diinisiasi oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN-IB Padang ini.

Sebelumnya Rektor UIN-IB Padang Dr.Eka Putra Wirman, Lc.,MA juga pernah menyampaikan bahwa lulusan FEBI memiliki peluang besar di dunia kerja. Pasalnya, selain di industri kerja berbasis syariah lulusan ini juga memiliki kesempatan yang sama di industri konvensional.

Ia juga berkomitmen untuk lebih konsen dalam rangka mensosialisaikan ekonomi syariah dan perbankan syariah ke depannya. Upaya ini selain untuk memberi peluang kerja bagi lulusan FEBI, juga sebagai langkah membangkitkan ekonomi dengan sistem Islam.

“Kita terus berupaya melahirkan lulusan FEBI yang unggul dan berkualitas agar bisa berdaya saing di dunia kerja. Apalagi jurusan di FEBI saat ini menjadi terfavorit di UIN, bahkan di IAIN daerah lainnya,” papar Eka.

Terakhir Ketua AFEBIS Dr. Ade Sofyan Mulazid, S.Ag.MH menyebutkan, pertemuan anggota AFEBIS 2018 ini yang keduakalinya dilaksanakan. Saat ini dikatakannya, jumlah fakultas anggota AFEBIS sebanyak 41 se-Indonesia, baik dari UIN, IAIN, STAIN, dan STAI.

“Dulu pertamakali diadakan di Bengkulu, jadi saat ini pertemuan forum dekan, wakil dekan, dan ketua program studi AFEBI di Sumbar sebagai yang kedua. Jumlah anggota perguruan tinggi AFEBI yang hadir kali ini 27 anggota,” pungkasnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *