Petugas PLN bekerja tidak kenal waktu, menunjukkan dedikasi yang tinggi demi terpenuhi kebutuhan listrik masyarakat. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Loyalitas Petugas PLN, Pantang Pulang Sebelum Terang

PADANG (SumbarFokus)

Hari ini, 1 Mei 2019, diperingati sebagai Hari Buruh, baik nasional maupun internasional. Bagi keluarga besar, terutama pegawai PT PLN (Persero), hari ini menjadi momen semakin dimaknainya kerja keras dalam upaya memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

“Berbagai pembenahan maupun terobosan, guna memaksimalkan pekerjaan di lapangan, giat dilakukan sebagai upaya untuk menjamin kehandalan pasokan listrik,” ujar Manajer Sub Bagian Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) Remialis.

Kerja keras pegawai PLN, disebutkan, tak kenal timing. Sesuai tugas masing-masing, setiap personil memberikan kinerja terbaik setiap hari, termasuk di hari pengapresiasian terhadap para pekerja yang mendedikasikan dirinya bagi perusahaan atau organisasi tempat bekerja ini.

Iklan Dalam Berita

“Komitmen PLN UIW Sumbar untuk menerangi seluruh Sumbar dengan kerja keras tidak kenal lelah, tampak nyata dilakukan oleh para pegawai PLN yang bekerja di daerah pelosok,” ungkap Remialis.

Pernyataan ini sesuai dengan apa yang ditunjukkan oleh pegawai-pegawai PLN, seperti yang dialami pegawai PLN ULP Simpang Empat yang berada di Kabupaten Pasaman Barat, misalnya.

Sebutlah dia, Hendro Pratama, seorang supervisor Teknik pada ULP Simpang Empat UP3 Bukittinggi. Hendro bersama rekan-rekan lain juga bertugas menjaga kehandalan pasokan di unit ULP Simpang Empat, yang merupakan unit pelayanan dengan total aset tersebar se UIW Sumbar, panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) mencapai 1.116 kms dengan total 950 gardu distribusi yang melayani pelanggan hingga ke Provinsi Sumatera Utara.

Tentunya, ini bukan tugas yang mudah. Padam sering kali terjadi dan Hendro beserta rekan-rekan lainnya bekerja keras agar listrik selalu nyala dan terdistribusi ke rumah warga. Hendro dan rekan-rekan bekerja siang dan malam, di lokasi terpencil dengan infrastruktur yang minim, akses transportasi dan medan yang sulit, jauh dari keluarga, berbalut keringat, demi memberikan listrik pada warga sekitar.

“Kami pantang pulang sebelum terang”, tegas Hendro.

Hendro sendiri mulai bekerja di PLN sejak tahun 2008. Sselama empat tahun pernah bertugas di KP Air Bangis, yang berjarak kurang lebih 80km atau setara dengan 2 jam perjalanan dari pusat kota Simpang Empat. Unit kerja yang masuk ke dalam daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dengan segala keterbatasan infrastruktur yang ada tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh Hendro ketika itu.

Hendro Pratama, menyebutkan bahwa pekerjaan memperbaiki jaringan akan dilakukan dengan cepat dan maksimal demi kenyamanan masyarakat. “Makin cepat penyelesaian jaringan, maka akan makin terjamin keandalan listrik ke rumah warga,” ujarnya.

Dalam bekerja, jelas suka dan duka menghampiri. Banyak hal baik dan buruk dialami Hendro, contohnya ketidakpahaman warga mengenai kewajiban membayar listrik dalam tenggang waktu yang ditetapkan.

“Banyak warga yang belum paham kapan waktu membayar listrik agar terhindar dari pemutusan, sehingga kami harus terus menerus melakukan sosialisasi. Belum lagi warga yang marah-marah karena adanya pemadaman, semua sudah saya lalui. Sempat hilang semangat, namun karena adanya kebersamaan dengan rekan-rekan, dukungan dari manajemen, dan rasa optimistis bahwa PLN akan menjadi lebih baik, maka semangat itu muncul lagi," tutur Hendro.

Hari Buruh pun kemudian dimaknai Hendro sebagai momen pengingat bahwa dedikasi tak boleh berhenti. Loyalitas justeru harus semakin ditingkatkan. Dan tentunya, hal seperti ini pantas diapresiasi.

“Di momen Hari Buruh ini, sudah selayaknya kita memberikan apresiasi paling tinggi bagi rekan-rekan yang siang malam berjibaku menjaga kehandalan pasokan listrik di daerah daerah terluar. Tanpa mereka di belakang layar, terang tidak akan hadir di rumah kita. Selamat Hari Buruh Internasional, PLN UIW Sumbar akan tetap berkomitmen menjaga kelangsungan pasokan listrik demi kehidupan masyarakat yang lebih baik,” tutur Manajer Sub Bagian Komunikasi PLN UIW Sumbar Remialis. (013)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *