Objek wisata Sejuta Janjang Agam. (Foto: Ist.)


Pariwisata

Lonjakan COVID-19 di Agam Tak Terbendung, Disparpora Awasi Pengunjung Wisata Demi Cegah Klaster Baru

AGAM (SumbarFokus)

Lonjakan pasien terpapar virus Corona di Kabupaten Agam semakin tak terbendung. Penambahan kasus terus terjadi setiap harinya dengan jumlah cukup mengkhawatirkan. Hingga Kamis, (3/9/2020), total kasus warga Kabupaten Agam terinfeksi COVID-19 mencapai 183 orang. dengan tiga kluster utama mendominasi seperti hajatan perkawinan, pondok pesantren, dan orang dari luar daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan OlahRaga (Pasparpora) Kabupaten Agam Syatria, Kamis (3/9/2020), menyebutkan, karena objek wisata salah satu pusat keramaian yang sering dikunjungi, agar tidak menimbulkan kluster baru dalam penyebaran virus corona, pihaknya terus berupaya meningkatkan pengawasan terhadap wisatawan yang berkunjung.

“Kasus COVID-19 semakin merebak di Agam,namun secara regulasi untuk penutupan destinasi wisata belum ada. Walau begitu, kita tetap mengarahkan wisatawan agar selalu menerapkan protokol kesehatan,” ujar Syatria.


Hal ini diterapkan diseluruh objek wisata di Kabupaten Agam, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta termasuk penginapan.

“Tidak hanya pengunjung, tetapi pengelola juga diminta selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker, mencuci tangan, hindari kerumunan dan lainnya,” pintanya.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan di objek wisata akan selalu diawasi oleh pengelola. Seperti halnya di objek wisata sajuta janjang, ada sepuluh orang tenaga pengelola khusus dari nagari untuk pengawasan.

Diingatkannya, karena asyik berwisata, pengunjung jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan, sehingga menjadi pemicu untuk menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19.

“Hingga kini, kunjungan wisatawan terus terjadi meski tidak ada menunjukkan penurunan ataupun kenaikan yang signifikan, namun kita tetap konsisten untuk mengarahkan wisatawan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam