Longsor menimbun ruas jalan di Alai Muko-Muko Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (6/6/2019). (Foto: Anizur)


Bencana

Longsor Terjadi di Beberapa Titik di Agam

AGAM (SumbarFokus)

Sejak Rabu (5/6/2019), hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Akibatnya, hingga Kamis (6/6/2019), telah terjadi serentetan musibah longsor di kawasan tersebut, seperti di Jorong Galapung Nagari Tanjung Sani, Alai Muko-Muko Nagari Koto Malintang, dan wilayah Batu Anjing Nagari Tanjung Sani, dalam waktu yang nyaris bersamaan.

Informasi dari tim BPBD Agam dan tim Pusdal Ops di lapangan, dampak hujan lebat dengan intentitas tinggi tersebut memicu serangkaian longsor di beberapa titik lokasi.

Pada Rabu (5/62019) sore sekitar pukul 16.00 WIB, hujan lebat juga memicu banjir bandang di Jorong Galapung Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung. Banjir kini menyisakan lumpur yang menggenangi halaman. Pemandangan ini bisa dilihat di masjid Istighfar Galapung, lantai digenangi lumpur setinggi 20 cm. Masjid kemudian dibersihkan oleh tim BPBD Agam, dipimpin Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Kamis (6/6/2019).


Akibat longsor yang terjadi, ruas jalan Alai Muko-Muko Lubuk Basung terputus. Longsoran tanah di tepi jalan lintas provinsi itu tetutup material longsor dan pohon kayu yang tumbang menutupi jalan. Akibatnya, terjadi kemacetan arus lalu-lintas dari dua arah berbeda, dari Lubuk Basung maupun dari arah Bukittinggi.

"Petugas Ops BPBD Agam membersihkan material longsor dan membersihkan pohon tumbang agar arus lalu-lintas bisa kembali normal,” sebut Lukman Syahputra, staf Pusdal Ops.BPBD Agam.

Sementara, longsor di Batu Anjing, disebutkan terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Longsor memicu tersekatnya ruas jalan salingka danau Maninjau. Material pohon, batu, dan lumpur menutupi akses jalan di zona merah bencana longsor tersebut.

"Upaya penanganan dan pembersihan material longsor di Batu Anjing sudah dilakukan secara manual oleh masyarakat dan Satgas BPBD Agam,” terang Lukman.

Dampak longsor di dua lokasi ini sempat menyebabkan ruas jalan tidak bisa dilewati. Musibah longsor dan banjir bandang mulai menghantam wilayah Tanjung Raya dua hari terakhir sejak Rabu kemarin. Tidak ada korban dalam musibah tersebut. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam