Tanah longsor terjadi di Batang Sariak, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (4/9/2020). (Foto: Ist.)


Bencana

Longsor di Sungai Limau, Akses Jalan Terputus

PARIT MALINTANG (SumbarFokus)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Budi Mulya di Parit Malintang, Jumat (4/9/2020), mengungkapkan telah terjadi longsor di jalan Provinsi di Batang Sariak, Nagari Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, yang menghubungkan kecamatan itu dengan Sungai Geringging, Jumat sore, sehingga akses jalan terputus.

"Waktu kejadiannya kami belum tau pasti, tapi infomasi itu kami dapatkan usai magrib tadi," ujarnya.

Disebutkan, setelah mendapatkan informasi tersebut pihaknya langsung menuju lokasi untuk membersihkan material longsor sehingga jalan yang juga menghubungkan ke Kabupaten Agam itu dapat dilalui kembali.


Longsor tersebut terjadi akibat tingginya curah hujan yang menerjang di daerah itu dalam beberapa hari terakhir. Apalagi, lokasi tersebut merupakan tebing yang material tanahnya labil sehingga dapat mengencam warga dan pengendara yang melintas di daerah itu.

Pada Agustus 2018, diketahui, lokasi tersebut juga mengalami longsor sehingga menimbun jalan sehingga juga memutus akses jalan itu untuk sementara.

Berdasarkan kejadian ini, Budi menegaskan bahwa pihaknya mengimbau pengendara untuk berhati-hati ketika melintas di lokasi rawan longsor di daerah itu mengingat cuaca ekstrem yang menerjang daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

Sementara, Kapolsek Sungai Geringging Iptu Nazirwan mengatakan longsor tersebut  terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dan saat ini pihaknya telah datang ke lokasi. Pihaknya sudah melakukan tindakan pengamanan di lokasi.

Bagi pengendara, jalan alternatif yang dapat dilewati untuk menghindarkan longsor tersebut yaitu Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, lalu Kampuang Dadok Nagari Kuranji Hulu, dan Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020