Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Lomba Balita Sehat 2019 Kepulauan Mentawai, Upaya Wujudkan Kesehatan Masyarakat

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Enam juara ditetapkan dalam Lomba Balita Sehat 2019 Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Disebutkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Lahmuddin Siregar, lomba ini sendiri digelar sebagai upaya mewujudkan kesehatan masyarakat, termasuk balita dan ibunya sendiri.

“Dari serangkaian Lomba Balita Sehat 2019 ini ditetapkan enam juara, kategori usia 6-24 bulan, Juara I yakni Ander Bara dari Puskesmas Saibi Samukop, Juara II Liora Anjelika Wahyudi Puskesmas Sikakap Juara III Alyza Nathania dari Puskesmas Mapaddegat, dan Juara III juga Kadek Shakiema Alody Narayoni,” terang Lahmuddin, baru-baru ini.

Selain itu, ada kategori anak usia 2-5 tahun, dengan Juara I diraih Eugenia Sagaileppak dari Puskesmas Peipei, Juara II Rohilham Syanilnur Puskesmas Bulasat, dan Juara III di peroleh Hillary Felix Puskesmas Saibi Samukop.


Disebutkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar Lomba Balita Sehat 2019 bertujuan untuk menyosialisasikan pola hidup sehat serta memastikan kesehatan gizi dan tumbuh kembang anak atau balita. Kegiatan ini digelar di Aula Sekretariat Daerah Kepulauan Mentawai, Rabu (6/11/2019).

Adapun yang menjadi kriteria penilaian yakni kesehatan pisikologi, kesehatan mata, kesehatan gigi, kesehatan gizi, bina keluarga balita dan kebersihan, bina keluarga balita, peran serta keluarga di masyarakat, serta latar belakang pekerjaan dan pendidikan orang tuanya.

Lahmudin mengatakan, keluarga memiliki peranan penting dalam mendukung kesehatan balita dan termasuk ibunya. Karenanya dari pelaksanaan kegiatan ini tidak saja menjadi ajang mencari juara, namun bagaimana mampu secara berkelanjutan memberikan sosialisasi tentang balita sehat ditengah tengah masyarakat.

“Dari kegiatan ini kami berharap, bagaimana perilaku hidup sehat dilaksanakan oleh masyarakat sehingga mampu menciptakan kesehatan masyarakat termasuk di dalamnya balita sehat, baik dari segi gizi maupun tumbuh kembang anak,” ujar Lahmudin. (017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018