Suasana pelayanan Disdukcapil di Nagari Padang Lua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, Sabtu (6/4/2019). (Foto:Anizur)


Lain-lain

Layanan Keliling Disdukcapil Agam Cetak 418 KTP-el di Nagari Padang Lua

Agam (SumbarFokus)

Untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik terutama menjelang Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), membuka pelayanan perekaman data dan pencetakan KTP elektronik pada hari libur. Hal ini disampaikan Kepala Bidang PIAK Novia Sandrianti di sela-sela pelayanan jemput bola di hari libur di Nagari Padang Lua Banuhampu, Sabtu 6/4/2019.

Kata Novia, pelayanan jemput bola pada hari libur telah dimulai sejak Sabtu tanggal 30 Maret lau. Selanjutnya, pada hari Rabu tanggal 3 April, kemudian Sabtu dan Minggu, yakni 6, 7, 13 dan 14 April sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Selain itu, kantor Disdukcapil yang di Lubuk Basung juga buka pelayanan menjelang hari pemilu 17 April.

Lebih lanjut dijelaskan Novia bahwa kebijakan ini dilakukan untuk menunjang persyaratan dalam Pemilu 2019 untuk memfasilitasi warga yang belum memiliki KTP bisa menggunakan hak pilihnya.


“Tujuan kita untuk memastikan seluruh warga Agam bisa menggunakan hak pilihnya karena KTP menjadi salah satu syarat untuk dapat memberikan hak pilih di pemilu nanti,” ungkapnya.

Pelayanan di Nagari Padang Lua tersebut  berhasil mencetak 418 keping KTP el warga  dan perekaman data KTP el warga sebanyak 141. 

Masyarakat Nagari Padang Luar Kecamatan Banuhampu sangat berterimakasih sekali atas kedatangan Tim Pelayanan Keliling dari Dukcapil Agam. Seperti diungkapkan Tokoh Masyarakat yang juga Anggota DPRD Agam, Guswardi, bahwa pelayanan keliling di hari libur memudahkan masyarakat dalam medapatkan KTP-elektronik. 

"Kami ucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi pelayanan yang dilakukan Disdukcapil, karena demi kepentingan masyarakat bekerja dihari libur. Ini sejalan dengan komitmen Bupati Agam Indra Catri yang memerintahkan seluruh OPD untuk terus melakukan inovasi guna memudahkan urusan masyarakat", ujar Guswardi

Selanjutnya Guswardi juga menyampaikan harapan agar pelayanan jemput bola dihari libur terus berlanjut.  

"Untuk mendukung kegiatan itu, dalam Rapat Komisi di DPRD kita akan mengusulkan penambahan Mobil Pelayanan Keliling," ujarnya.

Selain Guswardi, pada kegiatan tersebut turut hadir Camat Banuhampu, Afdal, Wali Nagari Padang Lua, Edison beserta perangkat Nagari. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam