Gubernur Sumbar Irwan Praytino saat melantik SMKN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya, Sabtu (24/11/2018). (Ist)


Pendidikan

Lantik 365 Taruna SMKN 1 Koto Baru, Gubernur Sumbar Tekankan Kedisiplinan

DHARMASRAYA (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Praytino baru saja melantik sebanyak 365 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya sebagai taruna.

Dalam sambutannya Irwan menekankan kedisiplinan merupakan kata kunci dalam meraih kesuksesan. Termasuk dalam pendidikan, menurut Irwan siswa SMK yang berprestasi pasti memiliki kelebihan dibanding siswa dari sekolah lainnya, salah satunya disiplin.

“Dalam berbagai bidang, pemerintahan, swasta, TNI/ Polri, pengusaha atau petani bisa sukses karena disiplin. Begitu pula di bidang pendidikan, jadi siswa tinggal pilih ingin berprestasi atau gagal," ujarnya, Sabtu (24/11/2018).


Gubernur Sumbar ini juga menyebutkan, selain disiplin kunci kesuksesan ialah beretika. Misalnya menghargai orangtua, guru, dan berperilaku sopan santun. Ia berharap SMKN 1 Koto Baru ini bisa menjadi percontohan bagi sekolah di Sumbar.

“Saya yakin jika para siswa sungguh-sungguh maka Allah akan memberikan kemudahan. Dari bulan Juni siswa dilatih dan didik, jadi mulai saat ini apa yang sudah diajarkan tersebut harus terwarnai dalam kesaharian," harapnya.

Irwan menyebutkan, jumlah SMA/SMK di Indonesia sat ini ratusan. Dengan menjadikan disipilin sebagai pendidikan taruna untuk menciptakan siswa yang berkarakter SMKN 1 Koto Baru hendaknya bisa menjadi contoh dan ditiru oleh sekolah daerah lainnya.

Tak ingin hanya menjadi kegiatan seremonial saja, gubernur menantang SMKN 1 Koto Baru harus memberikan bukti nyata atas pelatihan taruna yang telah diberikan. Kalau tanpa bukti keberhasilan dan prestasi sebagai anak didik, sebutan taruna hanya sebagai simbol dan gaya-gayaan saja.

Maka untuk mencapai hasil yang diharapkan secara maksimal, Irwan meminta agar siswa taruna SMKN1 Koto Baru ini terus dipantau atau diawasi guru dan kepala sekolah setempat. Salah satunya guru hendaknya harus menjadi contoh teladan yang baik bagi siswa.

“Nanti bukti keberhasilannya bisa langsung bekerja di berbagai bidang setelah lulus SMK ini. Maka tekadkan untuk menjadi siswa berprestasi dan membuat bangga orangtua dan guru," imbaunya.

Kita Peduli!

Pada kesempatan yang sama Kepala SMKN 1 Koto Baru Dharmasraya Taufik Hidayat menuturkan, mulai tahun 2018 ini sekolah tersebut menerapkan pendidikan karakter melalui pola ketarunaan. Selain dilatih dari segi fisik juga mengutamakan etika dan berakhlak.

Menurut pandangannya, ada perbedaan antara SMKN 1 Koto Baru dengan sekolah taruna khusus lainnya yang lebih mengutamakan fisik, kesempurnaan tubuh dan tinggi badan. Sementara SMKN 1 Koto Baru menggunakan pola ketarunaan untuk membentuk karakter yang baik.

"Mereka dilatih kebugaran, kedisiplinan, serta keimanan dan ketakwaan untuk menjadi dasar meraih kesuksesan di masa depan," kata Taufik. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021