Dalam proses belajar, UT memberikan layanan berbagai program bantuan belajar, sehingga mahasiswa bisa memilih program yang dirasa paling pas untuk diikuti. (Foto: Yeyen)


Pendidikan

Kuliah di UT, Kuliah Sesuai Gayamu

PADANG (SumbarFokus)

Setiap orang berhak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Universitas Terbuka (UT), sebagai pelopor pendidikan jarak jauh di Indonesia, memfasilitasi semua gaya belajar.

Hal ini diutarakan oleh Manager Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) UT Padang Fatia Fatimah.

Kuliah di UT itu adalah kuliah sesuai gayamu. Karena dalam proses belajarnya, UT memberikan layanan bantuan belajar dalam bentuk Tutorial Tatap Muka (TTM), Tutorial Online (Tuton), Tutorial Webinar (Tuweb), bahkan tutorial melalui radio, dan televisi,” ungkap perempuan berkacamata yang akrab dipanggil Tia ini.


Diuraikan Tia, mahasiswa yang lebih nyaman melakukan diskusi langsung dengan tutor di dalam kelas konvensional dapat mengambil paket mata kuliah TTM. Namun bagi mahasiswa yang lebih tertarik untuk kuliah secara mandiri sesuai waktu yang meraka atur sendiri maka dapat meregistrasikan mata kuliah online.

Selain itu, disebutkan, mahasiswa juga dilengkapi dengan bahan ajar cetak, bahan ajar digital yang dapat diunduh di dua perangkat, serta suplemen belajar serta pengerjaan latihan yang dapat diakses gratis pada website www.ut.ac.id.

Sistem kredit semester juga berlaku di UT dimana satu SKS disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri atas 50-60 halaman untuk mata kuliah non-hitungan atau 30-40 halaman untuk mata kuliah hitungan, sehingga bahan ajar dengan bobot tiga SKS berkisar antara 360-450 halaman. Jadi mahasiswa dapat mengatur waktu belajarnya sendiri sesuai kebutuhan dan kemampuan yang mereka miliki. Hal uniknya, semua informasi dan panduan dapat dilihat pada website UT karena sudah diberikan secara jelas dan terstruktur,” jabar Tia lagi.

Lebih lanjut, Fatia menjelaskan bahwa waktu, finansial dan umur tidak lagi bisa jadi alasan bagi seseorang untuk merasa terbatas dalam meraih impiannya melanjutkan kuliah.

Di Universitas Terbuka, selain memfasilitasi program diploma dan sarjana, juga dibuka pendaftaran untuk program S-2 dan S-3. Pembukaan pendaftaran sesuai kalender perkuliahan dibuka dua kali dalam setahun. Untuk periode kedua pada tahun 2019 ini, pendaftaran S-1 akan berakhir pada 24 Agustus 2019. Sementara S-2 baru akan dimulai pada September 2019 untuk perkuliahan pada Februari 2020.

“Di era revolusi industri 4.0, sudah saatnya kampus dan individu merasa terbiasa dan nyaman menggunakan tekologi. Hal ini dipraktekkan oleh UT yang mulai dari registrasi, perkuliahan, bahan ajar bahkan ujian difasilitasi secara online. Sehingga calon mahasiswa atau mahasiswa lanjut tidak perlu susah-susah datang ke kantor UT Padang,” pungkas Fatia. (000)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *