Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi bersama Anggota KSBS SMAN 1 Tanjung Mutiara. (Foto: Ist.)


Lain-lain

KSBS SMAN 1 Tanjung Mutiara Data Risiko Bencana

AGAM (SumbarFokus)

Sebagai langkah awal dalam mengkaji risiko bencana, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten (BPBD Agam) memandu Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara Agam melakukan pendataan risiko bencana yang ada di lingkungan sekolah tersebut.

Hal tersebut digelar BPBD Agam dalam acara pembinaan 40 pelajar SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara, yang tergabung dalam KSBS, Kamis (1/8/2019), di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi mengatakan, pembinaan itu untuk memberikan pemahaman terkait kebencanaan yang perlu terus ditingkatkan melalui berbagai lembaga dan kelompok masyarakat yang dibentuk.


Disebutkan, sekolah berperan penting membangun kesadaran bencana di tengah masyarakat.

“Sekolah memiliki fungsi dalam pengurangan risiko bencana termasuk memfasilitasi dan bekerjasama dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Di kesempatan itu, para pelajar diberikan beberapa materi diantaranya, pendataan risiko bencana yang ada di sekitar sekolah. Selain itu, mereka juga diberi pembekalan yaitu cara membuat peta risiko bencana dan jalur evakuasi yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari, sekaligus melatih diri dalam evakuasi mandiri. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para pelajar tentang penanggulangan kebencanaan. 

Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara, Nasril  berkesempatan hadir di tengah-tengah siswa yang sedang melakukan praktek kegiatan KSBS.

"Kami merasa bangga dengan aktifnya siswa dalam ekstrakurikuler ini. Melalui KSBS seluruh siswa dapat menyatu dalam menghindari maraknya kenakalan remaja," sebutnya.

Ia berharap siswa yang melaksanakan ekstrakurikuler tersebut, semua kegiatan dan program dapat dilaksanakan dengan baik (007)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam