Rapat Pleno Terbuka penetapan calon terpilih anggota DPRD mentawai, Kamis (4/7/2019). (Foto: Hendrianto L Raja) )


Politik

KPU Mentawai Tunda Penetapan Kursi Calon Terpilih Anggota DPRD

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), menunda pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka penetapan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Rapat pleno ini tadinya dipimpin oleh Ketua KPU Eki Butman. Penundaan terpaksa dilakukan dikarenakan adanya instruksi dari KPU RI, Kamis (04/07/2019)

Eki, begitu sapaannya, mengatakan, instruksi itu diberikan kepada semua KPU di daerah seluruh Indonesia yang melaksanakan rapat pleno serupa. Alasannya, Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) belum diterima oleh KPU RI sampai dengan Rabu sore.

"Ini diperintahkan kepada seluruh KPU di Indonesia. Walaupun kabupaten tersebut tidak ada gugatan, tetap harus menunggu BRPK," ungkap Eki.


Untuk waktu pelaksanaan kembali rapat pleno, jelas Eki, pihaknya menunggu BRPK dari MK. Nantinya, BRPK itu diserahkan MK kepada KPU RI, kemudian didistribusi ke masing-masing KPU di daerah.

Eki menyebutkan, BRPK seharusnya diterima oleh KPU RI pada tanggal 1 Juli 2019 lalu.

"Kami berharap, secepatnya dikirim, tapi kenyataannya belum, sehingga KPU menunda sampai BRPK dikeluarkan oleh MK," jelasnya.

Dijelaskan oleh Eki Butman, alasan KPU RI memerintahkan hal itu ialah untuk mencegah agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Pihaknya hanya menunggu sampai kapan dikeluarkannya salinan Registrasi Perkara tersebut, apabila sudah diterima, baru akan mengagendakan rapat pleno selanjutnya. Dengan adanya agenda pada hari ini tetap berjalan dengan topik yang berbeda dari agenda sebelumnya, yakni simulasi tata cara perolehan dan penetapan calon terpilih, sebutnya

"Itulah mengapa BRPK penting, untuk memastikan bahwa dalam penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak dalam proses sengketa pemilu tahun 2019. Inilah kenapa KPU lebih berhati-hati," ujar Eki Butman Rapat.

Diketahui, rapat pleno kali itu dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Daerah setempat, perwakilan Bawaslu mentawai, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Dandim, pengurus partai, dan peserta pemilu legislatif tahun 2019. (017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *