Petugas menurunkan tiga jenis surat suara dari truk kontainer ke gudang KPU Dharmasraya, Jumat (15/2/2019). (Foto: Ist.)


Politik

KPU Dharmasraya Terima Pengiriman Surat Suara Tahap Kedua

PULAU PUNJUNG (SumbarFokus)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menerima pengiriman suara tahap kedua yang terdiri darisurat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPD dan DPR RI Dapil Sumbar I untuk pemilu presiden dan pemilu legislatif April mendatang.
Sekretaris KPU Dharmasraya Yenrizal Effendi di Pulau Punjung Sabtu mengatakan pengiriman surat suara ini dilakukan dalam dua tahap, untuk tahap kedua ini telah diterima pada Jumat (15/2/2019) dan sebelumnya pengiriman pertama juga telah diterima yakni surat suara untuk DPRD Sumbar dan DPRD Dharmasraya.

Ia merinci jumlah surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 146.786 lembar yang dibungkus dalam 76 kardus dan setiap kardus berisi 2.000 lembar surat suara.

Sementara untuk DPD dan DPR RI Dapil Sumbar 1 sebanyak 146.786 yang dibungkus dalam 294 kardus dan setiap kardus berisi 500 lembar.


Jumlah tersebut sudah termasuk surat suara cadangan sebanyak 10 persen dari jumlah daftar pemilih. Ini merupakan pengiriman yang terakhir dari pusat.

Terkait untuk pelipatan surat suara akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan dibantu oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kantor KPU Dharmasraya tersebut, katanya.

“Kami masih menunggu keterangan dari KPU Republik Indonesia terkait waktu pelipatan surat suara ini,” ujarnya.

Sebelumnya KPU setempat telah menerimanya Surat Suara DPRD Provinsi Daerah Pemilihan Enam dan DPRD Kabupaten Dharmasraya empat dapil pemilihan, kata dia.

Lokasi pemungutan suara di Kabupaten Dharmasraya berjumlah 666 TPS tersebar di 11 kecamatan dan 52 nagari (desa adat).

Sedangkan jumlah pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 143.907 suara dengan pemilih laki-laki 72.338 dan pemilih perempuan 71.659, tambah dia. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      dharmas-raya