Logo KPK (Foto: Ist.)


Bencana

KPK Salurkan Bantuan Huntara untuk Korban Gempa Pasaman Barat

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumpulkan donasi sebesar Rp150 juta dari karyawan lembaga antirasuah itu untuk disalurkan kepada korban gempa bumi di Pasaman Barat yang terjadi 25 Februari 2022 lalu. 

Donasi itu diserahkan dalam bentuk hunian sementara (huntara) kepada masyarakat di Jorong Timbo Abu Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, oleh perwakilan atau koordinator KP, Naila Fauzana Nasution, Jumat (13/5/2022).

Turut hadir dalam penyerahan bantuan itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan stakeholder terkait lainnya, termasuk walinagari dan jorong setempat.


Naila Fauzana Nasution mengatakan, pengumpulan donasi dilakukan sekitar satu bulan yang lalu.

"Bantuan ini merupakan aksi sosial dari pegawai KPK. Biasanya kami juga melakukan hal yang sama untuk daerah lainnya yang tertimpa bencana," ujar Naila.

Ditambahkannya, donasi yang dikumpulkan itu diharapkan bisa membantu masyarakat korban gempa di Pasaman Barat. Terutama untuk membantu pembangunan huntara bagi masyarakat yang rumahnya rusak dan tidak bisa ditempati. 

"Dari pantauan kami, memang masyarakat di Timbo Abu Nagari Kajai ini banyak rumahnya yang runtuh akibat gempa," tuturnya. 

Sementar, Bupati Hamsuardi mengucapkan terimakasih kepada KPK yang telah membantu masyarakat Pasaman Barat yang tertimpa bencana alam gempa bumi. 

"Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu masyarakat Pasaman Barat dalam meringankan beban yang dirasakan. Hari ini KPK RI menyerahkan donasi sebesar Rp150 juta. Dengan bantuan tersebut, sebanyak 10 unit huntara akan kita bangun untuk masyarakat dengan biaya satu huntara Rp9 juta yang disetujui oleh KPK. Sedangkan sisa donasi akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak," ucapnya.


Bupati Hamsuardi juga bersyukur atas perhatian donatur, relawan, hingga pemerintah pusat dan provinsi dalam membantu korban gempa.

"Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanganan bencana alam gempa bumi ini," kata Bupati Hamsuardi. (018)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      pasaman-barat