Danau Cimpago di Pantai Padang, salah satu lokasi kampanye akbar di Kota Padang. Tampak situasi kampanye akbar Capres Prabowo di kawasan Danau Cimpago, baru-baru ini. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Kota Padang Tetapkan 11 Titik Lokasi Kampanye Akbar

PADANG (SumbarFokus)

Mulai tanggal 24 Maret sampai 13 April tahun ini, kampanye jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dilakukan. Sepanjang waktu tersebut, ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, ada 11 lokasi sebagai tempat kampanye akbar yang digelar.

“Penetapan lokasi tersebut merupakan hasil kesepakatan partai politik dan beberapa unsur lainnya,” kata  Komisioner KPU Kota Padang Mahyudin di Padang, baru-baru ini.

Dijelaskan, penetapan lokasi kampanye dari KPU RI terbagi atas dua zona yakni zona A dan zona B, ini diberlakukan agar peserta Pemilu tertib dalam berkampanye.

Iklan Dalam Berita

Untuk daerah Sumatera Barat termasuk ke dalam zona A yang masuk di dalamnya setiap peserta Pemilu yaitu partai politik dan kandidat capres dan cawapres, calon anggota DPD.

Sebelas lokasi yang ditetapkan sebagai lokasi kampanye akbar yaitu Lapangan Gor Haji Agus Salim, Danau Cimpago, Lapangan Bola Opel Lubuk Buaya, Lapangan Bola Balai Baru, Lapangan Bola Pauh Kampung Dalam, Lapangan PJKA Kecamatan Padang Timur, Lapangan Matador Kecamatan Padang Timur, Lapangan Brandon Lubuk Kilangan, Lapangan Bola Gadut, Lapangan Bola Batuang Taba Kecamata Lubuk Begalung, dan Lapangan Darusalam Mato Air Kecamatan Padang Selatan.

“Peserta pemilu di Sumbar terdiri atas dua pasangan capres-cawapres, DPR RI 128 kandidat dan DPRD Sumbar 160 kandidat dari 16 partai politik yang terbagi dalam lima daerah pemilihan. Kampanye dilakukan dengan metode rapat umum akan mulai 24 Maret hingga 13 April 2019, atau 21 hari sebelum masa tenang Pemilu 2019,” kata Mahyudin.

Peserta Pemilu, ditekankan, diizinkan memasang iklan baik itu di media massa mengacu kepada peraturan KPU selama masa kampanye berlangsung. Berbagai aturan telah ditetapkan. Jika peserta Pemilu melanggar aturan yang telah ditetapkan, akan ada sanksi berupa pidana, sanksi ini berlaku juga untuk peserta pemilu yang melalukan politik uang dan cenderamata yang nilainya melebihi Rp60 ribu.

“Untuk izin lokasi yang akan dijadikan lokasi kampanye, pihak KPU telah berkoordinasi dengan pihak berwenang.Bagi yang ingin memakai lokasi, nanti ada kewajiban yang harus dipenuhi, seperti kebersihan dan pemeliharaan aset,” jelas Mahyudin.

Izin pemakaian lokasi dari pihak kepolisian, disebutkan, harus diurus terlebih dahulu tiga hari sebelum jadwal pemakaian lokasi. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *