Anggota Dewan BPIP Mahfud MD menjadi pembicara utama di Konaspi IX di Auditorium UNP, Kota Padang, Kamis (14/3/2019). (Foto: Wahyu)


Politik

Konaspi IX di UNP, Mahfud MD Ajak Gunakan Hak Pilih

PADANG (SumbarFokus)

Anggota Dewan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD, menyebutkan masyarakat berhak menentukan masa depan bangsa, baik di tingkat eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. 
 
Salah satunya dengan cara menyalurkan hak pilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019. Menurutnya, Pemilu merupakan sarana bagi masyarakat untuk menentukan perwakilannya di tingkat daerah, maupun pusat.
 
"Anda memiliki hak konstitusional menentukan arah masa depan bangsa melalui Pemilu, sebab setiap kebijakan di negara dan bangsa ini, ditentukan pilihan anda," ungkap Mahfud di hadapan peserta Konaspi IX di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (14/3/2019). 
 
Pentingnya menunaikan hak pilih ini, Mahfud melarang masyarakat golput. Bahkan, ia mengaku terus menyuarakan agar masyarakat mau datang ke tempat pemungutan suara (TPS) di daerah masing-masing. Terkait pilihan, ia menyerahkan sesuai pilihan masing-masing individu. 
 
"Jangan golput, tapi pilihlah sesuai hati nurani masing-masing. Kemudian, jangan sampai rakyat menjual suara mereka, sebab bertentangan dengan hakikat demokrasi," terangnya.
 
Ia mengakui selama ini banyak lahirnya kebijakan-kebijakan yang buruk, akibat masyarakat Indonesia yang salah memilih anggota dewan. Misalnya, ada Undang-undang yang diajukan tentang sebuah aturan, yang memperbolehkan Singapura menangkap pelaku pembakaran hutan di Indonesia.
 
"Padahal aturan itu jelas menyalahi wewenang kenegaraan. Jadi apabila politiknya buruk, maka akan lahir kebijakan yang hasilnya juga buruk. Maka ini harus diperbaiki," lanjut Mahfud. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018