Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan cinderamata kepada Ketua Tim Kunker Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian usai diskusi di Padang, Kamis (2/5/2019). (Foto: Wahyu)


Nasional

Komisi X DPR RI akan Alokasikan Beasiswa untuk Siswa Sumbar Kurang Mampu

PADANG (SumbarFokus)

Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan menambahkan beasiswa bagi siswa yang tidak mampu di Sumatera Barat (Sumbar). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Ranah Minang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI Asal Sumbar, Endre Saifoel, saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Sumbar, Kamis (2/5/2019). 

Ia menyebutkan, program beasiswa ini memang telah berjalan, dan terus ditingkatkan.


“Masih ada berapa program yang akan dibawa ke Sumbar, terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan program beasiswa,” ungkap Endre Saifoel.

Dalam penuturannya, beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi secara akademik tapi kurang mampu dari segi finansial.

Selain bciara mengenai pendidikan, dalam Kunker kali itu, Endre juga menyorot keberadaan kerajinan-kerajinan Sumbar yang sifatnya sangat menjual sehingga bisa meningkatkan perekonomian. Sebut saja tenunan, sebagai contoh.

Menurut Endre, usaha seperti ini harus terus didorong dengan pemberian permodalan dan pemasaran.

"Kita ingin Badan Ekonomi Kreatif dapat menfasilitasi ini, agar dapat memberikan pemodalan dan pemasaran bagi pengrajin yang ada di Sumbar," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menyebutkan, telah mendengarkan langsung aspirasi yang disampaikan dari berapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov Sumbar.

Menurutnya, berbagai persoalan yang ada di daerah Sumbar telah disampaikan OPD melalui diskusi. Persoalan itu terkait bidang yang Komisi X DPR RI bawahi, di antaranya pendidikan, olahraga, pariwisata, pemuda, dan sejarah. 

"Kami sudah kumpulkan berapa aspirasi, serta masukan dari OPD di Pemprov Sumbar untuk bekal kami nanti dalam rapat dengan Kementerian terkait. Sehingga, ini dapat menjadi bahan kami merumuskan kebijakan bersama pemerintah," katanya.

Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap, dengan kehadiran Komisi X DPR RI ke Sumbar ini, bisa menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan berapa OPD Pemprov, terutama terkait berapa persoalan yang ada di Ranah Minang.

"Banyak hal yang disampaikan OPD Pemprov tadi, seperti bidang pendidikan, olahraga, budaya, sejarah, pariwisata, pemuda dan lainnya. Maka kita harap aspirasi ini dapat menjadi masukan bagi Komisi X dalam memberikan dukungan bagi daerah," ujar Gubernur. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018