Wakil Presiden RI Jusuf Kalla saat menyampaikan pidato di hadapan Forkopimda dan masyarakat Sumbar di Padang, Senin malam (2/9/2019). (Foto: Wahyu)


Nasional

Komentari Konflik Papua, JK Ingatkan Anak Bangsa untuk Saling Jaga Perasaan

PADANG (SumbarFokus)

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan, setiap daerah memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda. Karena itu, dia mengingatkan, seluruh anak bangsa perlu saling menjaga perasaan antar sesama.

"Agar bangsa ini tetap harmonis kita harus saling menjaga perasaan masing-masing, sebagai sikap menghargai dalam hidup bernegara," tuturnya saat tatap muka dengan pemerintah dan masyarakat Sumbar di Padang, Senin malam (2/9/2019).

Menurut JK, konflik di Papua mencuat dikarenakan letupan satu kata, monyet, yang kemudian meluas hingga menyerempet ke berbagai persoalan. Akhirnya kondisi memanas dan sangat dikhawatirkan munculnya isu Papua memisahkan diri dari NKRI.


"Kepada semua anak bangsa selalu diingatkan agar tidak saling ejek dan menyudutkan. Kita harus memikirkan dampak dari kata-kata yang akan dikeluarkan. Supaya tidak jadi memicu perpecahan," ujarnya.

Ia membandingkan yang terjadi dengan Provinsi Aceh, yang 15 tahun terakhir sangat aman. Beda jauh dengan Papua yang selalu bergejolak. Dalam menangani persoalan ini, tentu membutuhkan solusi dan penanganan yang berbeda sesuai karakter daerah. 

JK menjelaskan, meskipun di Papua sudah banyak dibangun infrastruktur, tapi belum mampu memuaskan masyarakat. Apalagi pembangunan di Papua memang belum merata, dikarenakan sulitnya membangun di daerah pegunungan.

"Pemicu gejolak itu, kemungkinan ada yang merasa pemerintahan belum mampu memberi kepuasan hasil bagi masyarakat. Baik dari segi ekonomi, pembangunan, kesejahteraan, keadilan dan lainnya," ungkapnya. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018