Anggota PPK dan PPS Pemilu 2019 di Kabupaten Agam sedang mengikuti orientasi di Aula Husnul Kamil Manik KPU Agam, Rabu (2/1/2019). (ist)



Ketua KPU Agam Lantik Anggota PPK-PPS

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Sebanyak 50 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) telah dilantik Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Rabu (2/1/2019).

Riko Antoni, Ketua KPU Agam mengatakan, 50 anggota PPK dan PPS yang merupakan hasil penambahan dan pergantian antar waktu yang telah mengundurkan diri itu dilantik di Aula Husni Kamil Manik KPU setempat.

”50 orang yang dilantik itu berasal dari anggota PPK sebanyak 36 orang dan PPS 14 orang,” katanya.


Ia mengatakan, ke-36 anggota PPK itu merupakan hasil pergantian antar waktu akibat satu anggota PPK di Kecamatan Tanjungraya, Lubukbasung, Matur dan Kamangmagek mengundurkan diri.

Selain itu kata dia menambahkan, penambahan dua orang setiap PPK di 16 kecamatan, berdasarkan keputusan Makamah Konstitusi No 31 tertanggal 23 Juli 2018 tentang penambahan anggota penyelenggara.

”Sementara 14 anggota PPS merupakan pergantian antar waktu akibat kekosongan setelah anggota yang lama mengundurkan diri dengan berbagai alasan seperti, mendapat pekerjaan di daerah lain, kesehatan dan lainnya. Kekosongan itu harus diisi dalam mengoptimalkan tugas dalam menyelenggarakan Pemilu," kata dia.

Riko Antoni mengimbau kepada anggota yang baru dilantik agar menjaga integritas dalam menjalankan Pemilu, karena setelah pelantikan ini mereka langsung menjalankan tugas sebagai penyelenggara dengan anggota yang lain.

Dikatakannya, agar anggota yang dilantik itu paham dalam menjalankan tugasnya, ke-50 anggota PPK dan PPS tersebut sebelumnya mengikuti orientasi beberapa menit setelah pelantikan dilakukan.

"Kita berharap anggota PPK dan PPS ini bisa menjalankan tugas dengan baik nanti," katanya. (002)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agamsumbar