Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim ketika diwawancarai wartawan. (ist)



Ketua DPRD Sumbar Sarankan Bentuk UPT Pendidikan

PADANG (SumbarFokus)

Kehadiran Unit Pelaksana Teknis (UPT) pendidikan di beberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengawasi pelaksanaan pendidikan tingkat SMA dan SMK sudah dipandang layak.

Untuk itu Ketua DPRD Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim menyarankan Dinas Pendidikan provinsi segera membentuk UPT dimaksud.

Menurut Hendra, keberadaan UPT ini penting agar pelaksanaan pendidikan di daerah dapat diawasi dengan baik.


UPT ini kata dia, juga dapat meminimalkan terjadinya penyimpangan yang dilakukan pihak sekolah karena sekolah akan diawasi langsung oleh provinsi.

"Saat ini UPT tidak ada, sehingga pengawasan yang dilakukan Dinas Pendidikan terhadap sekolah lemah," ujar dia di Padang, Rabu (12/9/2018).

Keberadaan UPT pendidikan ini kata Hendra, juga akan mempermudah sekolah dalam memenuhi kebutuhan mereka.

“Saat ini kepala sekolah atau guru banyak yang datang ke Kantor Dinas Pendidikan Sumbar untuk mengurus segala sesuatu sehingga meninggalkan kelas dan itu berdampak pada kualitas pendidikan sekolah,” katanya.

Ia menegaskan, apabila kelas sering ditinggal tentu mereka tidak dapat mengejar kualitas dari sekolah yang ada di Kota Padang.

Penambahan UPT ini kata Hendra, akan ada pejabat di Dinas Pendidikan yang tergeser, namun keberadaannya sangat dibutuhkan karena SMA/SMK yang berada di bawah kewenangan provinsi menyebar di seluruh wilayah.

Ia meminta ini menjadi perhatian serius dan segera dibentuk agar sistem pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Menjawab kasus penangkapan Kepala SMKN 2 Solok beberapa waktu lalu, menurut Hendra, hal ini terjadi karena lemahnya pengawasan dan sosialisasi yang dilakukan Dinas Pendidikan ke kabupaten dan kota.

"Jika ada UPT tentu ini dapat diminimalkan karena pengawasan terhadap sekolah bisa berjalan,” kata dia. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      legislatifsumbar

Ada 172 Komentar untuk Berita Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *