Bupati Yudas Sabaggalet, dalam video conference yang difasilitasi IJTI Sumbar, Sabtu (11/4/2020). (Foto: Ist.)


Bencana

Ketegasan Pemkab Kepulauan Mentawai Soal Akses Wilayah, Wisman Tertahan Demi Cegah Penyebaran Wabah

PADANG (SumbarFokus)

Saat ini, 45 orang wisatawan mancanegara (wisman) tertahan di Kabupaten Kepulauan Mentawa, Sumatera Barat (Sumbar). Dijelaskan oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Sabtu (11/4/2020), dalam jumpa pers daring, awalnya para wisman tersebut datang untuk berwisata.

“Namun karena kondisi saat ini mereka tidak bisa keluar dari Mentawai,” ujar Bupati.

Ia mengatakan para wisatawan tersebut untuk sementara waktu akan tetap berada di Mentawai, karena selain kondisi Nasional yang tengah dilanda pandemi, negara asal turis juga melakukan lockdown.

Beberapa dari mereka diketahui berasal dari berbagai negara di Eropa, Amerika dan Australia. Saat ini, para turis tersebut tinggal di salah satu resort. Seluruh wisatawan dilayani oleh pemilik resort untuk kebutuhan sehari-hari.


“Terhadap mereka juga tetap diberlakukan physical distancing dan tidak dibolehkan kontak dengan masyarakat,” sebut Bupati.

ia mengatakan untuk pemberian izin tinggal sementara terhadap para wisatawan telah dikoordinasikan dengan instansi terkait seperti imigrasi, TNI dan kepolisian.

Disebutkan, Kepulauan Mentawai saat ini telah melakukan pengetatan orang masuk sehingga tidak lagi menerima wisatawan asing yang ingin berlibur di daerah kepulauan tersebut.

Sementara, data saat ini di Mentawai untuk orang yang melakukan perjalanan sekitar 500 orang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) 11 orang, satu orang di antaranya naik menjadi PDP.

Untuk yang berstatus PDP masih belum bisa dikatakan postifi ataupun negatif, karena masih menunggu hasil pemeriksaan swab.

“Tentunya Kami berharap tidak ada warga yang positif COVID-19, dan Mentawai baik-baik saja,” harap Bupati. (002)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021