Acara peluncuran Sonar di Kabupaten Solok, Kamis (16/9/2021). (Foto: ELI)


Ekonomi

Kerjasama dengan BNN, Pemkab Solok Luncurkan Sonar

AROSUKA (SumbarFokus)


Pemerintah Daerah Kabupaten Solok bersama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kabupaten Solok  resmi meluncurkan kerjasama proyek Sonar (Solok bersinar) sebagai upaya untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika di wilayah Kabupaten Solok.

Sonar tersebut diluncurkN oleh Bupati Solok, diwakili oleh Plh Sekretaris Daerah Edisar. Acara berlangsung di ruang pertemuan Solok Nan Indah Arosuka, Kabupaten Solok, Kamis (16/09/2021).

Plh Sekretaris Daerah Edisar, dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Solok sangat mendukung program Nasional yang tengah digalakkan oleh BNNK melalui proyek Sonar untuk menyelamatkan generasi bangsa dari pengaruh buruk narkoba.


Disebutkan, narkoba saat ini menjadi masalah kita semua, penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang lainnya sangat menghawatirkan, karena lebih dari 7 juta penduduk indonesia saat ini merupakan pemakai dan pecandu narkoba, tiap tahun 25 ribu orang meninggal karena narkoba sedangkan setiap hari 60 orang meninggal karena mengkonsumsi barang haram tersebut.

Ditambahkan, sesuai dengan perjanjian kerja sama badan narkotika nasional dan kementrian desa pembangunan daerah tertinggal No PKS/73/XII/2018/BNN tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Desa, dituntut peranan bersama untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba di desa, seiring imbauan melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 355/904/SJ kepada Bupati/ Wali kota di seluruh Indonesia tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di desa/nagari.

Pihaknya mengimbau semua pihak, terutama Wali Nagari, untuk membentuk Nagari Bersinar (Bersih Narkoba) agar Kab. Solok bersih dari Narkoba.

Sebelumnya, Kabupaten Solok juga telah membentuk tim terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba dan Perkusor (P4GN) Kabupaten Solok sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN.


Sementara, Kepala BNN Kabupaten Solok AKBP Saifuddin Anshori menjelaskan, Proyek perubahan Sonar (Solok Bersinar) ini merupakan salah satu visi dari BNN Kab. Solok untuk mendukung visi dari Pemerintah Kab. Solok dalam “mambangkik batang tarandam” untuk menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat.

Selain itu, kerjasama yang akan dilakukan ini bukan saja di Kabupaten Solok, akan tetapi merupakan pilot project Indonesia untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba ditengah masyarakat.

Kita Peduli!

Saat ini, Kabupaten Solok merupakan daerah satu-satunya yang pertama kali meluncurkan proyek perubahan Sonar dengan menciptakan Kabupaten Solok yang bersinar dan bersih dari narkoba.

“Semoga dengan kekuatan kita bersama, 74 Nagari dan 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, akan kita bersinarkan semuanya dan terbebas dari narkoba tahun 2020 – 2022,” ujar Saifuddin. (012)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021