Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lubuk Basung Aprianto resmi memangku gelar Datuk Tan Majolelo, Minggu (21/2/2021). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Kepsek SMP 1 Lubas Resmi Pangku Gelar Datuk

AGAM (SumbarFokus)

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lubuk Basung Aprianto resmi memangku gelar Datuk Tan Majolelo yang merupakan panghulu Suku Caniago Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).Upacara adat tagak panghulu dan melewakan gekar tersebut berlangsung di Balerong Balai Adat Nagari Bawan, Minggu (21/2/2020). 

Ditandai dengan pemasangan saluak oleh D. Dt. Mangkuto Marajo dan pemasangan keris oleh D. Dt. Mangkuto Marajo, maka resmilah Aprianto menyandang gelar Datuk Tan Majolelo. Sebanyak 19 dari 24 ninik mamak Nagari Bawan hadir dalam prosesi adat tersebut. Tak hanya itu, Ketua KAN Nagari Batu Kambiang, Camat IV Nagari, Wali Nagari Bawan beserta perangkat, Bamus Nagari Bawan dan Danramil juga hadir menyaksikan acara tersebut.

Ketua KAN Bawan A Dt. Kando, dalam sambutannya, mengungkapkan bahwa gelar adat yang diberikan kepada Aprianto melalui proses kesepakatan kaumnya dan secara administrasi di Kerapatan Adat Nagari Bawan (KAN) sudah dilaksanakan dan memenuhi syarat.


"Hari ini merupakan prosesi "Basuluah matohari, bagalanggang mato urang banyak," ujar Dt. Kando

Disebutkannya, mulai hari ini Aprianto resmi menyandang gelar Dt. Tan Majolelo dan sah sebagai anggota KAN. Duduknya sudah sama rendah, tegaknya sama tinggi di KAN Bawan.

"Peganglah amanah itu baik-baik. Jaga persatuan kaum. Bimbinglah anak kamanakan. nan tatingga tolong dijapuik," pesan Ketua KAN.

Ditemui usai acara, Camat IV Nagari, Roza Syafdefianti menyebutkan, prosesi perhelatan adat budaya Minangkabau yang digelar tersebut, terasa begitu sakral. 

"Hampir seluruh ninik mamak dan sejumlah tokoh adat dan tokoh masyarakat Bawan turut hadir dalam prosesi malewakan serta pengukuhan gelar adat salah satu ninik mamak Basa Nan Barampek Nagari Bawan," ujar Roza.

Diungkapkan, A. Dt. Tan Majolelo ini adalah tokoh masyarakat Bawan yang juga ASN yang saat ini menjabat kepala sekolah SMP Negeri 1 Lubuk Basung.

Kita Peduli!

"Alhamdulillah, acara yang penuh petatah dan ritual Adat Minangkabau itu berlangsung aman tertib dan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan," pungkas Roza. (007)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam