Kepala Dinas Perikanan Mentawai Usman Labai. (Foto: Hendrix Lumbanraja)


Ekonomi

Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), mengimbau masyarakat agar suka mengkonsumsi ikan. Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai Usman Labai menyebutkan, makan ikan bisa membuat terhindar dari penyakit degeneratif seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, dan kanker. Selain itu, makan ikan bisa meningkatkan kecerdasan.

Ditemui SumbarFokus baru-baru ini, Usman Labai menekankan, nutrisi sehat dan berimbang sangat penting terutama bagi anak-anak dan pelajar. Nutrisi ini bisa didapatkan dalam ikan. Karenanya, konsumsi ikan di Kabupaten Mentawai perlu ditingkatkan.

“Untuk itu, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama anak-anak dan generasi muda adalah suatu keharusan. Melalui gerakan memasyarakatkan konsumsi makan ikan (Gemarikan), diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa dan terkhusus untuk masyarakat Mentawai,” ujarnya.


Baru-baru ini, Pemkab Kepulauan Mentawai juga memperingati Hari Ikan Nasional, yang bertujuan untuk mensosialisasikan program peningkatan konsumsi ikan di Kepulauan Mentawai.

“Selain itu, juga bertujuan untuk memberdayakan peran pemuda yang berprestasi, berwawasan, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sektor perikanan,” tambah Usman.

Dikatakan, Hari Ikan Nasional diharapkan mampu menggerakkan sektor Usaha untuk meningkatkan perekonomian lokal dan nasional melibatkan seluruh strata sosial. Pada akhirnya Hari Ikan Nasional diharapkan mampu mengembalikan kejayaan bahari Indonesia khusus Kepulauan Mentawai melalui pemberdayaan budaya lokal.

“Kegiatan Hari Ikan Nasional ini mengusung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, akademisi, organisasi dan tokoh masyarakat. Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, mereka akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan sektor kelautan dan perikanan,” pungkas Usman. (017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018