Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama A. memperlihatkan UPK 75 Tahun RI senilai Rp75 ribu. (Foto: YEYEN)


Lain-lain

Kepala BI Sumbar: UPK 75 Tahun RI adalah Alat Pembayaran yang Sah

PADANG (SumbarFokus)

Kepala Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar) Wahyu Purnama A. menegaskan bahwa Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 Tahun RI) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu merupakan alat pembayaran yang sah, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakannya dalam jual-beli.

Hal ini disampaikan Wahyu di sela kegiatan Media Briefing terkait Kesiapan Bank Indonesia Menghadapi Bulan Ramadan dan Hari Raya idul Fitri 1442 H, Senin (26/4/2021), didampingi oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Sumbar, Iman Suriansyah Nurdin dan Deputi Kepala Perwakilan Gunawan Wicaksono, di Kantor Perwakilan BI Sumbar, Padang.

“Masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa ini alat pembayaran yang sah. Maka kami menginformasikan bahwa UPK 75 Tahun RI adalah alat pembayaran yang sah,” sebut Wahyu.


Dijelaskan, UPK RI biasanya dikeluarkan setiap 25 tahun satu kali. Sebelumnya, UPK RI dibuat dalam bentuk emas atau perak. Kali ini, UPK RI dibuat dalam bentuk kertas.

“Ada sebanyak 1,1 juta lembar di Sumbar,” kata Wahyu.

Jumlah ini merupakan bagian dari total 75 juta lembar UPK 75 Tahun RI yang dicetak.

“Para pedagang wajib menerimanya jika ada pembeli yang menggunakan uang itu,” sebut Wahyu menegaskan lagi.

Di momen Ramadan dan Hari Raya tahun ini, warga Sumbar berkesempatan untuk mendapatkan UPR 75 Tahun RI melalui penukaran di kantor BI dan jaringan kantor bank.

Keuntungan memili UPK 75 Tahun RI ini, menurut Wahyu, bukan hanya kegunaannya sebagai alat pembayaran yang sah, tapi juga berbagai hal lainnya, seperti koleksi berharga karena jumlah cetaknya yang terbatas, pengenalan budaya, uang berbagi di Hari Raya, bahkan juga bisa dijadikan mahar untuk pernikahan.

Kita Peduli!

Masyarakat juga bisa melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR (https://pintar.bi.go.id), dengan menggunakan 1 KTP untuk menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun RI setiap harinya dan dapat diulang pada hari berikutnya. (003/000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020